oleh

Pj Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) memimpin upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama (Kemenag) di Lapangan Merdeka, Senin (3/1/2022).

Upacara dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Muara Enim Drs. Azhari Rahardi, M.Si., Forkopimda Muara Enim, Kepala Pengadilan Agama, Pj Sekda, Ketua TP PKK, Ketua DWP, seluruh pejabat di lingkup Kemenag Muara Enim, serta guru dan siswa Madrasah se-Kabupaten Muara Enim.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Muara Enim menyampaikan pidato Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Pj Bupati mengatakan sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan,” ucap HNU.

Baca juga:  Ikuti Festival Literasi Sumsel, Pemkab Muara Enim Angkat Budaya Tunggu Tubang

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021,” ujarnya.

HNU menambahkan, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

“Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi,” imbuhnya.

Baca juga:  Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Plt. Bupati Muara Enim Pimpin Penanaman 1.000 Bibit Pohon

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

“Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas,” pesannya.

Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama tahun 2022 memiliki tagline “Transformasi Layanan Umat”.

“Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat,” jelas HNU.

“Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus berjaya serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik,” tutupnya.

Baca juga:  Wisata Tangkal Covid-19, Inovasi Terobosan Kreatif Polsek Tanjung Agung

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang masih dalam memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama.

Sebanyak 43 orang PNS di lingkungan Kemenag Muara Enim menerima penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI Joko Widodo.

Penghargaan Satyalancana Karya Satya tersebut diberikan untuk PNS yang telah mengabdikan diri selama lebih dari 10 tahun.

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada Insan Kemenag Muara Enim yang sudah memasuki masa pensiun sebanyak 40 orang, sertifikat halal kepada 10 UMKM, serta bantuan berupa pengeras suara kepada 5 pondok pesantren.

Selanjutnya, Pj Bupati Muara Enim dalam kesempatan itu juga menyerahkan surat hibah tanah milik Pemkab Muara Enim kepada Kepala Kantor Kemenag Muara Enim.

Lahan seluas 6 hektare yang dihibahkan oleh Pemkab Muara Enim itu nantinya akan dimanfaatkan untuk pembangunan Madrasah Terpadu. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *