oleh

Madrasah Terpadu Pertama di Indonesia Akan Dibangun di Muara Enim

MUARA ENIM, ENIMTV – Kabupaten Muara Enim dalam waktu dekat akan memiliki Madrasah Terpadu. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi masyarakat Muara Enim yang ingin anaknya bersekolah di bawah naungan Kementerian Agama. Madrasah Terpadu yang akan dibangun di Bumi Serasan Sekundang ini merupakan yang pertama ada di Indonesia.

Hal itu terungkap setelah dilakukan penyerahan surat hibah tanah dari Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar kepada Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muara Enim Drs. Azhari Rahardi, M.Si., seusai upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kemenag di Lapangan Merdeka, Senin (3/1/2022).

Baca juga:  Plh Bupati Muara Enim Safari Ramadhan Perdana di Desa Pagar Jati

Lahan seluas 6 hektare yang berlokasi di Tebing Tai Sapi, Kelurahan Pasar I, Kecamatan Muara Enim, dihibahkan oleh Pemkab Muara Enim kepada Kemenag Muara Enim guna dimanfaatkan untuk pembangunan Madrasah Terpadu.

Kepala Kantor Kemenag Muara Enim Drs. Azhari Rahardi, M.Si. mengatakan Madrasah Terpadu ini nantinya akan meliputi 3 Madrasah yang digabung dalam satu komplek.

Baca juga:  Kasus Covid-19 di Kab. Lahat Semakin Menurun, Angka Kesembuhan Mencapai 532 Orang

“Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN), digabung jadi satu,” kata Azhari saat diwawancara awak media.

Azhari mengungkapkan untuk pembangunan MTs sudah dianggarkan tahun ini sebesar kurang lebih Rp 3 miliar.

“Untuk MIN dan MAN lagi diusulkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar mengatakan hibah yang dilakukan ini telah melalui mekanisme yang ketat dan sudah mendapat fatwa dari Kemendagri.

Baca juga:  Presiden Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri

“Sehingga saya berani melakukan itu untuk dapat dihibahkan kepada Kakan Kemenag Muara Enim untuk dilakukan pembangunan Madrasah Terpadu di Kabupaten Muara Enim,” katanya.

Pj Bupati mengatakan bahwa Madrasah Terpadu yang akan dibangun di Kabupaten Muara Enim ini menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat, karena baru yang pertama kalinya di Indonesia.

“Kita menyiapkan tanah, dana dari Kementerian Agama untuk dapat membangunnya, kebanggaan buat kita,” pungkasnya. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *