Pj Bupati Muara Enim Buka Gebyar UMKM Koperasi Expo dan Festival Tari & Budaya 2023

Berita, Daerah184 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali secara resmi membuka kegiatan Gebyar UMKM Koperasi Expo dan Festival Tari & Budaya Kabupaten Muara Enim dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77 tahun 2023, di Plaza GOR Pancasila Muara Enim, Sabtu (18/11/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT ke-77 Kabupaten Muara Enim yang jatuh pada 20 November mendatang.

“Selain memberikan sarana promosi bagi produk lokal dari para pelaku UMKM, kegiatan ini juga sebagai wadah pertemuan untuk saling bertukar informasi mengenai produk-produk unggulan UMKM dari tiap-tiap kecamatan,” ujar Rizali.

Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dan seniman lokal untuk mengembangkan potensi dan kreativitas.

“Saya berharap UMKM di Kabupaten Muara Enim semakin tumbuh dan maju melalui upaya-upaya kreatif dengan mengangkat potensi lokal yang beragam dan inovatif sehingga harapan ‘UMK Unggul, Naik Kelas, Go Internasional dapat kita capai,” harapnya.

Baca juga:  Pemkab. Muara Enim Dorong ASN Terapkan Transaksi Nontunai Digital Berbasis Kode Bar

Pj Bupati mengatakan pada hari ini juga dilaksanakan Pagelaran Seni Tari dan Budaya yang turut menyemarakkan kemeriahan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim yang ke-77 tahun.

“Kegiatan Festival Tari dan Budaya yang dikemas dalam kegiatan Muara Enim Education dan Culture Festival (MEC Fest) merupakan sarana merangkul masyarakat luas dalam mengenal dan mencintai kesenian dan kebudayaan daerah Bumi Serasan Sekundang, serta kesadaran dalam menjaga maupun melestarikannya,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas persiapan yang telah dilakukan semua pihak, termasuk dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Muara Enim ke-77 Tahun, yang telah mendukung dan berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan sasaran yang diharapkan. Dirgahayu Kabupaten Muara Enim. Selamat Hari Jadi ke-77 Tahun,” tutup Pj Bupati.

Baca juga:  Apel Konsolidasi Operasi Ketupat Musi 2019 dan Persiapan Pengamanan Sidang Perselisihan Hasil Pemilu 2019

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Umum HUT ke-77 Kabupaten Muara Enim, Emran Tabrani dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam memasarkan, mempromosikan dan memperkenalkan berbagai produk UMKM Kabupaten Muara Enim.

“Sebagai upaya dukungan teknis dalam mengentas kemiskinan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Muara Enim serta menjadikan koperasi yang modern dan UMKM naik kelas dan berdaya saing. Kemudian, Festival Seni dan Budaya melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan seni tradisional, mengekspresikan kreativitas pelaku seni dalam menciptakan tarian,” jelasnya.

Emran mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 18 November sampai dengan 20 November 2023 bertempat di Plaza GOR Pancasila Kabupaten Muara Enim.

“Peserta Gebyar UMKM Koperasi Expo melalui kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha Kecil Menengah, terdiri dari pelaku usaha yang berada di Kabupaten Muara Enim. Ada 50 stand (100 UKM), 50 stand kecamatan, perusahaan, organisasi dan UMKM. Sedangkan Peserta Festival Tari dan Budaya berasal dari 18 sanggar tari dengan jumlah penari dari masing-masing sanggar 10 orang penari, yang berada di seluruh kecamatan di Kabupaten Muara Enim dan di bawah binaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” kata Emran.

Baca juga:  Kritik Soal Pemindahan IKN, Azyumardi Azra Calon Ketua Dewan Pers Dapat Banyak Dukungan

Kegiatan Gebyar UMKM Koperasi Expo dan Festival Tari & Budaya ini diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi dan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, seniman dan masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya Unsur Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkup Pemkab Muara Enim, Ketua TP PKK dan Gabungan Organisasi Wanita. (aal/Diskominfo-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *