oleh

Plt Bupati Kaffah Imbau OPD Sukseskan Penyempurnaan Data Publikasi Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2023

MUARA ENIM, ENIMTV – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muara Enim, dalam menyiapkan dan menyempurnakan data guna mendukung publikasi Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2023.

Hal tersebut disampaikan Plt Bupati saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Data Publikasi Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2023 yang diselenggarakan oleh BPS Kabupaten Muara Enim, di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (15/02/2023).

Baca juga:  Kapolres Lahat Berikan Penghargaan Kepada 76 Anggotanya yang Berprestasi

Dalam arahannya, Plt Bupati mengharapkan seluruh OPD memberikan data yang benar dan aktual sesuai dengan format isian diminta oleh BPS Kabupaten Muara Enim.

“BPS sebagai sumber data primer dan OPD sebagai sumber data sekunder harus dapat berkolaborasi menyajikan data yang akurat dan aktual, sehingga rilis Kabupaten Muara Enim Dalam Angka 2023 yang berisikan gambaran umum tentang keadaan geografi, iklim, pemerintahan, perkembangan sosial-demografi dan juga perekonomian daerah dapat ditampilkan dengan baik, sehingga menjadi rujukan utama dalam perencanaan, evaluasi maupun dasar kebijakan pemerintah,” ujar Kaffah.

Baca juga:  Musorkab Muara Enim 2020, Plt. Bupati Harapkan Atlet Berasal dari Putra/Putri Asli Daerah

Dijelaskan Kaffah, bahwa hal tersebut merupakan wujud usaha kolektif dan kolaboratif semua pihak dalam menjalankan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Oleh karenanya, saya mengimbau semua pihak terkait mendukung tersedianya data yang terpadu atau tidak berbeda-beda, akurat, mutakhir, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan, serta dikelola secara seksama,” pungkasnya.

Baca juga:  Dirjenpas Tebar Benih Ikan Besama Gubernur NTB, Menuju PNBP 9 M

Pada kesempatan ini, diserahkan pula penghargaan kepada OPD terbaik dalam pengelolaan data statistik sektoral melalui aplikasi SISTER tahun 2023, yakni Kecamatan Gelumbang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kecamatan Lawang Kidul.

Hadir dalam kegiatan tersebut, di antaranya Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Riswandar, dan Kepala BPS Kabupaten Muara Enim Edi Subeno. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *