PGRI Muara Enim Gelar Konkerkab 2023

Berita, Daerah28 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Muara Enim menggelar Konferensi Kerja Kabupaten (Konkerkab) tahun 2023, di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, Sabtu (5/8/2023).

Hadir dalam Konkerkab ini, antara lain Ketua PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto, S.Pd., M.M. beserta jajaran, Ketua PGRI Muara Enim Jumran, S.H., M.M. beserta para pengurus dan anggota PGRI Muara Enim, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Muara Enim Drs. H. Rusdi Hairullah, M.Si., Tokoh PGRI Muara Enim Firdaus HM, S.Pd. dan Drs. H. Thalib Yahya, M.BE., dan para Unsur Forkopimda atau yang mewakili.

Konkerkab tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Riswandar, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Asisten 2 Riswandar atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim, memberikan apresiasi terhadap pengurus PGRI Muara Enim yang pada hari ini dapat menunaikan amanah organisasi, dengan melaksanakan Konkerkab PGRI tahun 2023.

“Yang pasti dalam organisasi apapun agenda pertama yang dilaporkan adalah pertanggungjawaban program kerja satu tahun ke belakang dan membuat program kerja tahun yang akan datang,” ujar Riswandar.

Baca juga:  Serap Lebih dari 10 Ribu Tenaga Kerja di Masa Pandemi, Restorasi Terumbu Karang KKP Lampaui Target

Pemkab Muara Enim sangat mendukung program-program organisasi mitra seperti PGRI, dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan melalui pengembangan profesionalitas sumber daya manusia yang berkelanjutan.

“Mari bersama-sama bangun daerah ini, tentunya hanya melalui program pendidikan yang bermutu, yang tidak terlepas dari guru-guru profesional sehingga visi/misi “Muara Enim Merakyat, Muara Enim untuk Rakyat, Mandiri, Berdaya Saing, Sehat, Agamis dan Sejahtera” akan dapat terwujud,” ajak Riswandar.

Riswandar berharap semoga Konkerkab PGRI tahun 2023 ini dapat memberikan program kerja yang realitas, terukur dan berguna bagi pembangunan Kabupaten Muara Enim, melalui sektor pendidikan.

Sementara itu, Ketua PGRI Muara Enim Jumran menjelaskan bahwa, Konkerkab PGRI ini merupakan forum organisasi yang akan membahas dan menghasilkan program kerja  yang wajib mendukung program Pemkab Muara Enim.

“Konkerkab ini agendanya Laporan Pertanggungjawaban Program Kerja yang telah dilaksanakan oleh pengurus selama satu tahun ke belakang, Laporan Keuangan, Inventaris dan Kekayaan Organisasi, serta Penetapan Program Kerja untuk tahun mendatang,” jelas Jumran.

Jumran mengungkapkan, Konkerkab ini akan menilai dan mengevaluasi program sebelumnya secara komprehensif sebagai dasar dalam penetapan program kerja tahun ke depan.

Baca juga:  Rangkaian HUT Bhayangkara ke-74, Kapolri Ziarah ke TMP Kalibata

“Yang paling urgen tentunya program yang akan dihasilkan oleh peserta Konkerkab PGRI ini adalah program-program yang dapat menyelesaikan masalah-masalah pendidikan yang ada di Kabupaten Muara Enim secara khusus dan Nasional secara umum,” ungkapnya.

Di hadapan Asisten 2 dan para peserta Konkerkab PGRI 2023, Jumran menyampaikan 12 hal dalam kesempatan tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang telah peduli dengan pembangunan dunia pendidikan;
  2. Masalah kekurangan guru ysng telah diberikan solusi dengan pengangkatan guru PPPK, telah diakomodir oleh Pemkab Muara Enim;
  3. Komitmen dari pemerintah daerah yang terus pengalokasian dana khusus bidang pendidikan melalui APBD, yang berdasarkan UU minimal 20% di luar transfer pusat (di luar gaji);
  4. Kiranya ada program peningkatan kualifikasi tenaga pendidik yang berdampak pada peningkatan kompetensi sebagai guru profesional, dengan menstimulus tenaga pendidik untuk berkualifikasi S-2 (Magister);
  5. Permasalahan kegiatan proses belajar mengajar pada era sekarang sangat memerlukan infrastruktur teknologi informasi dalam mengadopsi pembelajaran digital;
  6. Pengurus PGRI era ke depan adalah pengurus yang menguasai multi dimensi keilmuan, yang sesuai dengan zamannya;
  7. PGRI terus untuk mengawal kebijakan pendidikan dan bersama-sama pemerintah daerah dalam mewujudkan pendidikan bermutu yang berdampak positif pada SDM unggul;
  8. Keberadaan pengurus PGRI wajib memberikan azas kebermanfaatan, dengan melalui karya nyata positif yang diimplementasikan dengan program kerja yang terukur;
  9. Dalam mewujudkan integritas organisasi pengurus PGRI wajib mensosialisasikan tentang hasil perjuangan PGRI yang telah dilakukan dan akan diperjuangkan;
  10. PGRI terus menjalin hubungan harmonis yang sinergi dengan pemerintah daerah;
  11. Mewujudkan program kerja ke depan yang terarah, terukur dan dapat dilaksanakan serta berdampak positif bagi semua;
  12. PGRI terus memberikan penguatan pemahaman kepada anggota tentang regulasi bidang pendidikan serta perkembangan kebijakan dan teknologi pendidikan yang berkembang.
Baca juga:  Pemilik Akun MN Minta Maaf, Ini Tanggapan PGRI Muara Enim

Dalam kesempatan itu juga, Ketua PGRI Muara Enim melantik Perangkat Kelengkapan Organisasi PGRI Kabupaten Muara Enim, antara lain Dewan Kehormatan Guru Indonesia (DKGI), Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH), Perempuan PGRI, dan Smart Learning and Character Center (SLCC) PGRI. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *