oleh

Pemilihan Duta Baca Muara Enim 2023, Upaya Tingkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat

MUARA ENIM, ENIMTV – Sebagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Muara Enim menggelar Lomba Pemilihan Duta Baca Tingkat Kabupaten Muara Enim tahun 2023, di Griya Hotel Serasan Sekundang Muara Enim, Kamis (3/8/2023).

Kegiatan pemilihan Duta Baca ini perdana dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim, dengan mengusung tema “Peran Duta Baca sebagai Publik Figur terkait Literasi Digital di Kabupaten Muara Enim”.

Sebanyak 18 finalis yang mengikuti Pemilihan Duta Baca ini berasal dari pelajar, mahasiswa, penggiat literasi dan masyarakat umum di Kabupaten Muara Enim.

Para finalis tersebut selanjutnya diseleksi lagi untuk menjadi 10 besar. Setelah melakukan presentasi dan tanya jawab di hadapan dewan juri, terpilih 6 orang finalis yang akan menjadi juara 1 hingga juara harapan 3.

Adapun dewan juri dalam pemilihan Duta Baca Muara Enim 2023 ini, yaitu:

  1. Dewan Pembina Forum Literasi Serasan Sekundang Muara Enim Efierfita, S.Pd., M.Pd.
  2. Dosen Universitas Serasan Muara Enim Lessi Marlina, S.Pd., M.Pd.
  3. Staf Analisis Pengembangan Peserta Didik Dinas Pendidikan & Kebudayaan Muara Enim Yesi Andriani, S.Pd.
  4. Ketua PWI Muara Enim Al Azhar, S.Sos.I.
  5. Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan & Kearsipan Muara Enim Trisni Syahtianah, S.H.
Baca juga:  Hadiri High Level Meeting TPID se-Sumsel, Pj Bupati Muara Enim Siap Laksanakan Instruksi Pengendalian Inflasi

Kegiatan pemilihan Duta Baca Muara Enim 2023 ini secara resmi dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesra Drs. H. Emran Tabrani, M.Si.

Dalam sambutannya, Asisten I Emran Tabrani menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Muara Enim menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim ini.

“Lomba ini diharapkan akan meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Kabupaten Muara Enim,” ujar Emran.

Emran berharap para Duta Baca ini nantinya dapat menjadi motor penggerak di seluruh lini di tengah-tengah masyarakat, utamanya bagi anak-anak muda dan anak didik sehingga bisa gemar membaca.

Baca juga:  Sambut MotoGP 2022, Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Bandara Lombok

“Jadi duta-duta ini menjadi publik figur, artinya menjadi contoh bagi masyarakat, generasi muda, anak-anak didik agar gemar membaca. Silakan nanti di tengah masyarakat bagaimana kreasi adik-adik peserta finalis duta baca ini berperan di tengah-tengah masyarakat untuk memotivasi agar anak-anak gemar membaca,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muara Enim Panca Surya Diharta, S.H., M.H. mengatakan bahwa, Lomba Pemilihan Duta Baca ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, terutama anak-anak muda yang gemar membaca.

“Duta Baca ini akan menjadi ikon kabupaten Muara Enim dalam beberapa kegiatan, bahwa Muara Enim bisa menelurkan para Duta-duta Baca yang dapat meningkatkan Indeks Kegemaran Membaca dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Kabupaten Muara Enim,” kata Panca.

Panca berharap dengan adanya Duta-duta baca ini akan menggalakkan dan menggerakkan seluruh elemen untuk senang membaca.

Baca juga:  Kabareskrim Minta Masyarakat yang Ditegur Polisi Virtual Segera Hapus Postingan di Media Sosial

“Kita ingin meningkatkan durasi baca masyarakat. Karena sesuai dengan hasil penelitian UNESCO, masyarakat Indonesia itu hanya punya waktu 30 menit untuk membaca, Ini harus kita galakkan minimal 1 s.d. 2 jam sehari gunakan waktu untuk membaca. Dengan membaca, kita akan membuka jendela dunia, akan meningkatkan kecerdasan dan indeks literasi masyarakat,” tandasnya.

Berikut ini Juara 1 s.d. Juara Harapan 3 Duta Baca Tingkat Kabupaten Muara Enim Tahun 2023:

  • Juara 1 Derry Pangestu Ramadhan, Penggiat Literasi Muara Enim asal Kecamatan Ujan Mas, Nilai 930
  • Juara 2 Crisna Setia Maruli, Pelajar SMA Negeri 1 Gelumbang, Nilai 916,6
  • Juara 3 Anna Zahra Santrisna, Pelajar SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim, Nilai 915,6
  • Juara Harapan 1 Wendry Aminata, Peserta Umum asal Kecamatan Lawang Kidul, Nilai 909
  • Juara Harapan 2 Ulpa Saputri Danu, Peserta Umum asal Kecamatan Muara Enim, Nilai 901
  • Juara Harapan 3 Karina, Pelajar SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim, Nilai 859,9.

(Aal)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *