oleh

Disdikbud Muara Enim Gelar Bimtek Pengelolaan BOP PAUD 2023

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna mewujudkan pengelolaan keuangan BOP yang transparan dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Muara Enim Tahun 2023, di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim, Rabu (02/08/2023).

Bimtek yang diikuti oleh para perwakilan dari pengurus PAUD se-Kabupaten Muara Enim ini dibagi menjadi 3 angkatan, yakni angkatan I berlangsung selama 3 hari 02 s.d 04 Agustus, angkatan II 07 s.d 09 dan angkatan 10 s.d 13 Agustus tahun 2023.

Baca juga:  Risma Pastikan Kebutuhan Makanan Dan Logistik Korban Banjir Paniai Terpenuhi

Dalam arahannya, Bupati Muara Enim yang diwakili oleh Kepala Disdikbud Rusdi Hairullah mengatakan, prinsip penggunaan dana alokasi khusus (DAK) non-fisik BOP PAUD haruslah mengacu pada prinsip kehati-hatian, efisien, efektif, transparan, adil, akuntabel, kepatuhan dan bermanfaat.

“Karena itulah perlu diadakannya pembelajaran dan bimbingan teknis pengelolaan keuangan BOP PAUD bagi para pengurus PAUD agar penggunaan dana tersebut dapat tepat guna dan tepat sasaran.

Dalam penggunaan dana bantuan tersebut hendaknya program yang dilaksanakan sejalan dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, agar dalam pengimplementasiannya dapat bermanfaat dan tentunya sesuai dengan rancangan anggaran yang telah ditetapkan.

Baca juga:  Pandemi Tak Jadi Penghalang, Gebyar IMMETA Sumsel 2021 Diikuti Ratusan Peserta

“Sekecil apapun dana harus dapat dipertanggungjawabkan,” terang Rusdi.

Oleh sebab itu, dirinya mengimbau kepada peserta untuk dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini menyerap ilmu sebanyak-banyaknya terkait penggunaan anggaran yang baik, termasuk juga membuat laporan dan menginventarisir barang yang sudah dibeli, sehingga nantinya dapat dipertanggungjawabkan dengan benar dan tepat.

“Kemudian dapat mewujudkan pelaporan dana yang transparan dan akuntabel serta mempunyai kesepahaman yang sama dalam mengoptimalkan pemanfataan dana BOP,” ujarnya.

Di samping tata kelola keuangan, Rusdi mengatakan ada 2 hal yang menjadi lokus utama, yakni mewujudkan PAUD yang Holistik dan Integratif serta menciptakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, salah satunya dengan tidak menerapkan Tes Kemampuan Membaca, Menulis, Berhitung (CALISTUNG).

Baca juga:  Simpan Sabu di Dashboard Motor, Pria Asal Prabumulih Ini Diringkus Unit Reskrim Polsek Lembak

“Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dalam Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tentang Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” katanya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Unsur Forkopimda ataupun yang mewakili, Kepala OPD yang berkesempatan hadir, GOW Kabupaten Muara Enim, para Narasumber dari Kementerian, BPMP, BPKAD, Inspektorat serta tamu undangan lainnya. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *