oleh

Telan Dana Rp17 Juta per Orang, Ratusan Kades di Lahat Bimtek ke Lombok & Bali

LAHAT , ENIMTV – Belum lama ini, puluhan, bahkan ratusan Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Lahat dari berbagai kecamatan berangkat untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Lombok, Selasa (30/5).

Kegiatan Bimtek ini dirasa janggal, mengingat anggaran yang dikeluarkan cukup besar, yakni sejumlah Rp17 juta per Kades untuk kegiatan 10 hari perjalanan ke Lombok dan Bali.

Selain itu, acara Bimtek yang rutin hampir setiap tahun dilakukan oleh Kades-kades di Kabupaten Lahat ini dirasa mubazir. Dari kegiatan tersebut, tidak ada hasil yang dapat diimplementasikan ke desa.

Karena itu, ajang Bimtek ini diduga hanya topeng bagi para Kades untuk jalan-jalan, dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD).

Baca juga:  Tingkatkan Keselamatan Masyarakat, PTBA Bantu Pembangunan 4 Palang Pintu Kereta

EO Parira, Dahlia yang bertanggung jawab dalam memberangkatkan Kades dari 9 Kecamatan di Kabupaten Lahat. Keberangkatan 8 Juni nanti diakuinya jumlah anggaran tersebut wajar.

“Anggaran sebesar 17 juta rupiah itu sudah termasuk seluruhnya; mulai  dari pakaian seragam, hotel dan study tour di Bali. Selain itu, kami pun mendatangkan narasumber dari Kapolres, Kajari dan PWI Lahat,” ujarnya melalui via telpon.

Lebih lanjut, Dahlia yang mengaku dari media cetak “Kemoning Pos” tersebut tidak menanggapi pertanyaan awak media, bahwa kegiatan ini tidak menghasilkan apa-apa untuk para Kades dan hanya sekadar jalan jalan.

Baca juga:  PDBI Muara Enim Resmi Dilantik, Targetkan 3 Emas

“Kami merangkul semua media di Kabupaten Lahat, ayo.. untuk mengangkat nama Kabupaten Lahat agar bisa terkenal,”  kilahnya saat ditanya.

Dengan anggaran yang dirasa mahal, dia menuturkan hal tersebut wajar, mengingat transportasi para Kades di situ semua.

“Kami memang merangkul 9 kecamatan di kabupaten Lahat untuk mengikuti Bimtek ke Lombok ini, tapi tidak full, karena ada Kades yang tidak menganggarkan,” ucapnya.

Informasi yang didapat awak media dari salah satu kades yang enggan disebutkan namanya, bahwa yang memberangkatkan Bimtek Kades ke Lombok ada tiga Perusahaan, yakni CV Parira, Peraja dan LCC.

Baca juga:  Diskusi Kolaborasi Dewan Pers, SMSI dan Pemprov Bali: Media Digital Harus Bisa Adaptasi dengan Kemasan Baru

“Untuk dua CV Peraja dan LCC sudah berangkat pada Sabtu (27/05/23) malam minggu menuju Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. Karena terbang pada minggu pagi,” jelas salah satu kades yang diberangkatkan CV Peraja tersebut.

Sementara Itu, EO Peraja Dedi, saat dikonfirmasi membenarkan bahwa pihaknya sudah memberangkatkan beberapa kades untuk ke Lombok dalam rangka Bimtek.

“Ya benar ada tiga perusahaan yang sudah melakukan kerja sama memberangkatkan guna melaksanakan Bimtek kades di 24 Kecamatan di Kabupeten Lahat,” terang Dedi. (SMSI Lahat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *