Diduga Akibat Tanggul PT R6B Jebol, Petani 3 Desa di Kec. Sungai Rotan Terancam Gagal Panen

Berita, Daerah493 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Hari ini, Kamis (17/05/2022), masyarakat di tiga desa pada Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten Muara Enim turun ke persawahan untuk membersihkan aliran sungai, guna kelancaran air sungai turun ke Sungai Musi.

Dalam acara gotong royong ke daerah persawahan yang dikomandoi oleh tiga kepala desa, antara lain Kepala Desa Muara Lematang, Hamka, S.Pd., Kepala Desa Tanding Marga, Gunadi dan Kepala Desa Sukamerindu, Derohman.

Di sela-sela acara gotong royong, Kepala Desa Muara Lematang mengatakan bahwa, pembersihan aliran sungai dilakukan karena pada bulan ini masyarakat sudah waktunya menanam padi.

Baca juga:  Panglima TNI bersama CDF Australia Pimpin Sidang ke-9 AUSINDO HLC Tahun 2021

Di tempat yang sama, ada beberapa petani di sawah ditemui awak media, salah satunya Mismina (60).

Mismina menceritakan bahwa dirinya belum bisa melakukan tanam padi dikarenakan ada kiriman air dari kanal perusahaan PT Roempoen Enam Bersaudara (R6B).

“Dan airnya juga gatal pak, kalau bapak tidak percaya bapak boleh tanya sama petani lain,” ungkapnya.

Evi (45) salah satu petani di sawah Sabah Libar yang sempat ditemui juga mengatakan, kalau air persawahan di daerahnya dulu bukan berwarna hitam lengket, tetapi berwarna hijau dan tidak gatal seperti biasanya.

Baca juga:  Pemilihan BPD Desa Petar Luar Berjalan Kondusif

“Kami sangat mengharapkan kepada pihak terkait agar secepatnya ditindaklanjuti. Kalau tidak, kami pasti gagal panen untuk tahun ini dan harapan kami para petani di sawah lebar di tiga desa agar supaya perusahaan PT R6B meninjau langsung dan cepat bertindak sebelum masyarakat di tiga desa mengadakan aksi demo ke perusahaan,” ungkapnya dengan amarah yang tinggi,

Sementara itu, Kepala Desa Tanding Marga, Gunadi menegaskan bahwa, pihaknya selaku pemerintah desa wajib mengayomi apa keluhan masyarakat dan wajib membantu kejadian yang terjadi di tengah masyarakat, terutama di bidang pertanian.

Baca juga:  Kapolres Muara Enim Pimpin Sertijab 3 PJU dan 2 Kapolsek

“Kami pun juga siap mendatangi kantor R6B untuk meminta solusi dan tindakan. Supaya persawahan yang ada di desa tidak mengalami gagal tanam dan berujung gagal panen tahun ini,” ujarnya pada awak media yang turun langaung hadir ke ladang persawahan yang ada di Kecamatan Sungai Rotan. (Rull)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *