oleh

Polres Muara Enim Gelar Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pemilu 2024

MUARA ENIM, ENIMTV – Polres Muara Enim Polda Sumsel menggelar Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Apel berlangsung di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang dipimpin langsung Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, Minggu (11/2/2024) pagi.

Adapun sebanyak 408 personel Polres Muara Enim ditugaskan untuk melakukan pengamanan TPS pada 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim.

Kegiatan dihadiri oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha, Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, Ketua Pengadian Negeri Muara Enim Yudi Noviandri, Kajari Muara Enim Ahmad Nuril Alam, Ketua KPU Muara Enim Rohani, Ketua Bawaslu Muara Enim Zainudin, para Kepala Dinas Instansi terkait, para Pejabat Utama Polres Muara Enim.

Apel ini juga diikuti oleh Personel dari Polres Muara Enim, POM TNI AD, Kodim 0404 Muara Enim, Satpol PP, Linmas, BPBD, Dishub dan PBK Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Tinjau Vaksinasi Pelajar di Sukoharjo, Presiden Jokowi: Jika Sudah Divaksin, Segerakan PTM Terbatas

Dalam kesempatan itu, Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra membacakan amanat tertulis Kapolda Sumsel Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, yang menyampaikan bahwa apel pergeseran pasukan yang akan bertugas untuk memberikan dukungan berupa tambahan personel kepada satuan kewilayahan dalam mengamankan Pemilu Tahun 2024 tahap masa pemungutan suara di TPS dan penghitungan suara.

“Dukungan pengamanan dari Satgasda pada tahap ini dilaksanakan mulai tanggal 11 Februari 2024 sampai dengan 17 Februari 2024, dengan mengirimkan personel sebanyak 2.163 personel terdiri dari BKO Polda Sumsel sebanyak 1.013 personel, BKO Brimob sebanyak 640 personel sesuai Rayonisasi dan Pelibatan TNI sebanyak 510 personel yang akan disebar ke Polres/tabes Jajaran Polda Sumsel,” ujar Kapolres.

Baca juga:  Kapolri Minta Perusahaan Patuhi Aturan PPKM Darurat

Kapolres menuturkan, dalam pengamanan masa kampanye sejak tanggal 28 November 2023 s/d 10 Februari 2024, Polda Sumsel telah melaksanakan dengan baik, dengan hasil terwujudnya situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif selama pelaksanaan kampanye tersebut.

“Kondisi ini dapat terwujud berkat kerja keras dan kesungguhan seluruh Personel Polda Sumsel dalam melaksanakan tugas pengamanan yang didukung oleh seluruh komponen masyarakat Sumsel,” tuturnya.

Irjen Pol A, Rachmad Wibowo selaku Pimpinan Polda Sumsel mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel atas pelaksanaan tugas pengamanan pada tahap kampanye dengan harapan dapat ditingkatkan pada pengamanan tahap berikutnya.

“Tahapan Pemilu selanjutnya adalah tahap pemungutan suara dan penghitungan suara. Tahap ini sangat menentukan dan sangat berpotensi terjadi gangguan Kamtibmas. Oleh sebab itu, keseriusan dan kesungguhan kita dalam melaksanakan tugas pengamanan ini sangat diperlukan demi terlaksananya pesta demokrasi yang aman dan demokratis,” ujar Kapolres.

Baca juga:  Presiden Jokowi: Kejaksaan Harus Bersih dan Jadi Acuan Penegak Hukum yang Profesional dan Berintegritas

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolres mengajak untuk bersama-sama berdoa dan memohon ridho dari Allah SWT Yang Maha Kuasa, semoga seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan Pemilu Tahun 2024 di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan aman, baik dan lancar.

“Selamat bertugas kepada personel yang akan diperbantukan ke kesatuan kewilayahan. Semoga Allah SWT selalu memberikan petunjuk dan lindungan-Nya kepada kita semua dan senantiasa meridhoi atas upaya yang telah kita lakukan dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan ransel personel PAM TPS dan arahan dari masing-masing Padal. Pemeriksaan ransel bertujuan untuk memastikan bahwa setiap personel telah membawa dan menyiapkan perlengkapan tugas dengan lengkap dan sesuai prosedur. (Aal/Humas Polres ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *