Peringati HUT ke-77 Kabupaten Muara Enim, Pj Bupati Pimpin Aksi Bersih-bersih Sungai Enim

Berita, Daerah34 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna menjaga dan melestarikan lingkungan hidup terutama menjaga kebersihan sungai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim bersama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan puluhan perusahaan yang beroperasi dalam wilayah Kabupaten Muara Enim melakukan aksi bersih-bersih sampah di Sungai Enim, Jumat pag (3/11/2023).

Kegiatan bersih-bersih sungai yang dilaksanakan dalam memperingati HUT ke-77 Kabupaten Muara Enim ini diawali dengan penanaman pohon bersama di sekitaran Jembatan Enim 3.

Aksi bersih-bersih sampah yang dimulai dari Jembatan Enim 3 Desa Karang Raja sampai Jembatan Enim 1 Kota Muara Enim ini dipimpin langsung oleh Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, dengan menaiki perahu karet bersama tim lainnya.

Baca juga:  Hadiri Perayaan HUT ke-43 PTBA, Pj Bupati Muara Enim: Semoga Terus Tumbuh dan Berkarya

Dalam arahannya, Pj Bupati Muara Enim langsung meminta kepada PTBA dan grup untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sungai ini sebanyak 6 kali dalam setahun sehingga Sungai Enim dapat benar-benar bersih dan asri.

“Kegiatan ini jangan kita lihat sebagai seremonial semata tapi harus dilaksanakan secara berkelanjutan, 6 kali dalam setahun,” tegasnya.

Di samping itu, Pj Bupati mengajak semua pihak untuk bersyukur karena Kabupaten Muara Enim dikaruniai alam yang beragam, ada dataran tinggi, ada sungai, ada sumber daya alam (SDA) yang melimpah dan itu semua harus dijaga kelestariannya.

Baca juga:  Dorong Kreativitas Pelaku Ekonomi Kreatif, Dinas Parekraf Muara Enim Gelar Workshop Pembuatan Kain Ecoprint Tahun 2020

“Silakan alam kita gunakan untuk kepentingan ekonomi tetapi kelestarian juga harus kita jaga. Itu yang sangat penting, salah satunya dengan menjaga kelestarian ekosistem sungai yang merupakan salah satu hal penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jadi, saya minta kepada PTBA sebagai BUMN yang diamanahkan untuk mengeksplorasi guna kepentingan bangsa kita, untuk mengkoordinir bagaimana kelestarian lingkungan ini tetap terjaga sehingga ke depan tidak akan berdampak negatif bagi kita semua,” ujarnya.

Baca juga:  SIPACITA LANTAS, Terobosan Kreatif Satlantas Polres Muara Enim Untuk Budayakan Masyarakat Mencuci Tangan

“Mudah-mudahan aksi kecil ini akan banyak membawa manfaat untuk masyarakat kita dan menjadi bonus untuk anak cucu kita nanti,” pungkas Pj Bupati.

Tampak hadir di antaranya Forkopimda Kabupaten Muara Enim, Sekda beserta jajaran, para Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim, perwakilan Manajemen PTBA dan perwakilan sejumlah perusahaan dalam wilayah Kabupaten Muara Enim. (Aal/Diskominfo-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *