Inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ Dorong Tercapainya Realisasi PBB P2 Muara Enim

Berita, Daerah85 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) menggelar Sosialisasi Produk Inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ (Bayar Pajak Pakai Uang Receh), di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Senin (02/10/2023).

Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim yang diwakili Asisten II Perekonomian Pembangunan Setda Pemkab Muara Enim H. Riswandar, S.H., M.H.

Peserta sosialisasi ini sebanyak 50 orang yang terdiri dari para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Muara Enim.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini, yaitu Kepala Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Suluhudin, S.I.P. selaku inovator dari inovasi ‘Bapakku Ngoceh’, dan Kepala Bidang Penagihan dan Pemeriksaan Pajak Daerah Bapenda Muara Enim Hj. Dewi Sri Rahayu, S.Sos., M.Si.

Baca juga:  Semarak Kesenian Reog Hibur Masyarakat Tanjung Enim

Kepala Balitbangda Muara Enim M. Tarmizi Ismail, S.E., M.Si. melalui Kabid Inovasi dan Teknologi sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan Loehalni Agoestrini, S.P., M.Si., M.M. menjelaskan, tujuan dari sosialisasi ini untuk memberikan dan menyebarluaskan informasi hasil produk Inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ sehingga dapat diimplentasikan melalui perangkat desa dan kelurahan di Kabupaten Muara Enim, dalam rangka wujud peningkatan pelayanan publik.

“Ini juga upaya untuk memfasilitasi peningkatan pelayanan terhadap proses pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) yang bertujuan mempermudah masyarakat desa dalam pelaksanaan pembayaran pajak, guna meningkatnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Muara Enim,” jelasnya.

Baca juga:  HUT Bhayangkara ke-75, Polres Lahat Anjangsana ke FKPD & Bedah Rumah Warga

Sementara itu, Asisten II Riswandar dalam sambutannya menyampaikan bahwa, inovasi pelayanan publik diperlukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik.

“Hadirnya inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ (Bayar Pajak Pakai Uang Receh) memberikan metode baru dalam pengelolaan PBB P2 yang sangat inovatif,” ujarnya.

Riswandar mengatakan, sebagai salah satu sektor penyumbang terbesar PAD Kabupaten Muara Enim, pengelolaan PBB P2 harus selalu ditingkatkan.

“Untuk itulah Camat, Lurah dan Kepala Desa diminta pro aktif melakukan pengelolaan PBB perdesaan dan perkotaan, mulai dari penyerahan SPPT, pendataan objek pajak baru sampai pemungutan pajak,” katanya.

Baca juga:  Presiden Jokowi Segera Keluarkan Perpres Media Sustainability

Oleh karena itu, demi tercapainya realisasi PBB P2 di Kabupaten Muara Enim, Pemkab Muara Enim melalui Balitbangda menyelenggarakan Sosialisasi Produk Inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ ini.

“Melalui kegiatan ini saya berharap nantinya akan memberikan trigger kepada Camat, Kepala Desa dan Lurah untuk dapat mengimplementasikan inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ di tempat masing-masing untuk memudahkan masyarakat merealisasikan pembayaran PBB P2,” pungkas Riswandar.

Sebagai informasi, Inovator Inovasi ‘Bapakku Ngoceh’ Kepala Desa Muara Gula Baru telah mendapatkan penghargaan Inovator Terbaik II kategori masyarakat umum pada Anugerah Inovator Sumatera Selatan Tahun 2023. (Aal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *