Rangkaian Acara Warnai Perayaan HUT ke-76 Kabupaten Muara Enim

Berita, Daerah172 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Rangkaian acara mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kabupaten Muara Enim yang dilaksanakan pada hari ini, Senin (21/11/2022).

Rangkaian acara tersebut diawali Rapat Paripurna Istimewa ke-VI DPRD Muara Enim Dalam Rangka Hari Jadi Kab. Muara Enim ke-76 Tahun 2022.

Dalam Rapat Paripurna Istimewa yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Muara Enim itu, dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Wakil Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda N. Kiemas, Pejabat di Lingkungan Pemprov Sumsel, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki, Forkopimda Muara Enim, Wali Kota Prabumulih, Bupati Lahat, Ketua DPRD Kota Palembang, dan Ketua DPRD Kota Prabumulih,

Selain itu, hadir juga Pj Sekda Muara Enim RIswandar, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Muara Enim, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muara Enim, para Camat se-Kabupaten Muara Enim, para Kepala Desa, Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim terdahulu, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta perwakilan Organisasi Kemasyarakatan di Kabupaten Muara Enim.

Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki yang membuka Rapat Paripurna Istimewa ke-VI itu mengucapkan selamat Hari Jadi Kabupaten Muara Enim yang ke-76.

Baca juga:  Presiden Jokowi Dorong Inisiatif P4G Lakukan Langkah Luar Biasa Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

“Hendaknya momentum ini kita jadikan untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri terhadap apa yang telah kita lakukan untuk Kabupaten Muara Enim yang kita cintai ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim dalam sambutannya mengajak semua untuk selalu bersyukur atas karunia yang telah dilimpahkan kepada Kabupaten Muara Enim dengan tanah yang subur, alam yang indah, dan potensi sumber daya alam yang berlimpah, ditambah dengan masyarakat yang guyub, saling Serasan dan saling Sekundang.

“Tidak banyak daerah yang diberikan keberkahan seperti ini, sehingga patut kita syukuri bersama,” ucapnya.

Pj Bupati mengakui di usia Kabupaten Muara Enim yang ke-76 tahun ini banyak pencapaian yang telah diraih, tetapi juga masih banyak pekerjaan rumah yang mesti dituntaskan untuk mewujudkan cita-cita pembangunan yang adil dan merata.

“Melalui Tema HUT ke-76 Kabupaten Muara Enim, kami ingin mengajak seluruh komponen yang ada untuk bersatu bangkit mewujudkan percepatan pencapaian cita-cita pembangunan, dengan menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat, sehingga mampu mendorong akselerasi pembangunan yang menuju masyarakat Kabupaten Muara Enim yang sejahtera,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga, Pj Bupati menyampaikan pencapaian pembangunan di Kabupaten Muara Enim dalam 5 tahun terakhir dengan tren yang terus membaik. Salah satu pencapaian yang paling menonjol yaitu Kasus Balita Stunting yang mengalami penurunan dari 14,24% menjadi 3,23%.

Baca juga:  Evaluasi Triwulan Ketiga, Kemendagri Apresiasi Kinerja Pj Bupati Rizali Berhasil Turunkan Angka Inflasi di Muara Enim

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan bahwa perayaan ulang tahun ini bukanlah sebuah proses ritual saja, namun merupakan momen untuk evaluasi.

“Justru di saat kita berulang tahun inilah kita jadikan sebagai momentum untuk kita mengevaluasi apapun prestasi yang sudah kita raih, kekurangan yang kita ketahui, untuk kita merencanakan sebuah rumus guna ke depan Kabupaten Muara Enim harus menjadi lebih baik lagi,” katanya.

Lebih lanjut, Gubernur mengapresiasi berbagai capaian dan prestasi yang sudah diraih Kabupaten Muara Enim. Bahkan, menurutnya Kabupaten Muara Enim harus menjadi panutan dalam penurunan angka stunting.

“Kabupaten Muara Enim saya apresiasi yang sangat luar biasa untuk penurunannya (angka stunting) dari 14,24% turun ke 3,23%, begitu juga dalam grafik-grafik yang lain, artinya begitu stabil semua tereksekusi dengan baik,” ucapnya.

Gubernur berharap agar prestasi yang telah dicapai Kabupaten Muara Enim dapat terus dijaga. Dia pun berpesan untuk menjaga sinergitas dan soliditas, agar dapat melangkah menjadi daerah terpandang dan lebih baik dari sebelumnya,”

Baca juga:  Inovasi 'Bapakku Ngoceh' Dorong Tercapainya Realisasi PBB P2 Muara Enim

“Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun, terus berkarya dan berinovasi untuk kebaikan masyarakat Muara Enim, dengan slogan Serasan Sekundang,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan Program Bantuan CSR Bank Sumsel Babel Tahun 2022 kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur karena Kabupaten Muara Enim sudah bisa sampai ke tahap ini.

Rangkaian acara perayaan HUT ke-76 Kabupaten Muara Enim dilanjutkan berurutan sebagai berikut:

Puncak perayaan sekaligus mengakhiri rangkaian acara tersebut yaitu Panggung Hiburan Rakyat di Lapangan GOR Pancasila yang menampilkan bintang tamu Radja Band.

Ribuan masyarakat yang hadir dalam Panggung Hiburan Rakyat terlihat antusias menikmati penampilan dari Radja Band. (Aal)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *