PT BP Gelar Apel Semarak Bulan K3 Nasional Tahun 2022

Berita, Sumsel235 views

LAHAT, ENIMTV – PT Banjarsari Pribumi (PT BP) kembali mengadakan apel peringatan semarak bulan K3 Nasional di tahun 2022. Tema pokok bulan K3 tahun ini sesuai dengan keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 202 Tahun 2021 yaitu “Penerapan budaya K3 pada setiap sektor usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi”.

Apel peringatan BK3N ini diadakan di halaman depan kantor PTBP dengan melibatkan seluruh karyawan, kontraktor, maupun subkontraktor PTBP.

Selain karyawan perusahaan, apel kali ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Pemkab Lahat yang diwakili oleh bapak Hamson Efendi dan kepala inspektur tambang yang diwakili oleh bapak Doddy Putra Utama.

Selain itu juga diadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan palang merah Indonesia cabang kab. Lahat.

Direktur PT Banjarsari Pribumi Danny Dwi Dharma Dangku berpesan agar kegiatan operasional penambangan PT BP untuk selalu mengutamakan keselamatan karyawan, menjamin perlindungan lingkungan, serta mengutamakan kepentingan masyarakat sekitar tambang agar dapat menuju suistanabel bisnis.

Baca juga:  Titan Grup Diduga Menambang di Luar IUP, Lentera Hijau Sriwijaya Desak Pemerintah Cabut Izin Perusahaan

Dalam acara ini juga ditampilkan video penerapan sistem deteksi dini longsor dengan menggunakan extensometer 3,2. Inovasi tersebut telah mendapatkan penghargaan dari kementerian energi sumber daya mineral batu bara lalu sebagai juara ke 3 pada tanggal 12 Januari 2022.

Dalam acara pembukaan bulan K3 kementerian ESDM pada kesempatan tersebut, bapak Dody Putra Utama selaku inspektur tambangan mengucapkan selamat atas prestasi yang didapatkan oleh PT BP, mendapatkan Good Mining practice award dari kementerian ESDM RI dan juara 3 video inovasi keselamatan penambangan, diharapkan kedepannya PT BP dapat meningkatkan standar keselamatan pertambangan yang ada.

Kepala Tehnik Tambang PT BP Bpk Hery Lubis juga mengingatkan bahwa tahun 2022 ini merupakan tahun yang cukup menantang bagi PT. BP dikarenakan target produksi yang tinggi dan tentunya standar penerapan K3 dalam kegiatan operasional dalam kegiatan operasional harus terus ditingkatkan dan beliau menghimbau agar seluruh karyawan PTBP baik kontraktor ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi covid 19.

Baca juga:  Update 13 Juni 2020: Kasus COVID-19 di Indonesia Bertambah 1.014, Pasien Sembuh 563, Meninggal 43

Untuk itu di awal tahun ini PT BP juga melakukan penandatanganan pakta integritas komitmen K3L untuk seluruh kontraktor dan subkontraktor yang bekerja di WIUP PT.BP. Di mana penandatanganan pakta integritas tersebut melibatkan seluruh penanggung jawab operasional kontraktor dan sub kontraktor PT BP. Bapak Samson Efendi mewakili Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Lahat juga memberikan apresiasi kepada PT BP karena sejak operasional dari tahun 2015 hingga saat ini tidak ada masalah ketenagakerjaan yang dilaporkan ke Dinas Ketenaga kerjaan kab Lahat.

Baca juga:  PT Banjarsari Pribumi Gelar Khitanan Massal, Bangun Gapura & Pemasangan Keramik Lantai Kelas SDN 2 Merapi Timur

Manajemen PT BP Juga memberikan penghargaan terhadap karyawan yang memiliki performa kerja yang baik dan memiliki kepedulian terhadap K3L di area kerja PT.BP. Penghargaan di berikan kepada bapak Hartawan dari departemen CDGR dan bpk Sigit Widodo dari Departemen Engineering.

Apel peringatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam semarak peringatan bulan K3 Th 2022. Departemen HSE PTBP telah menyiapkan berbagai acara seperti kegiatan donor darah lomba cerdas cermat, lomba safety talk, lomba slogan, internal pertandingan badminton. Fatique management yang melibatkan keluarga karyawan dalam pencegahan fatique di tempat kerja.

“Semoga dengan di adakannya peringatan semarak bulan K3 Nasional tahun ini akan meningkatkan kesadaran karyawan terhadap k3 dan dapat membawa budaya K3 di tempat kerja dalam kehidupan sehari-hari,” Ujar Herri Lubis. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *