oleh

Pj Sekda Harapkan Semua Pihak Dukung Wujudkan Kabupaten Muara Enim Sehat

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim Drs. Emran Thabrani, M.Si. membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kabupaten/Kota menuju Kabupaten Muara Enim Sehat tahun 2021 di Grand Zuri Hotel Muara Enim, Rabu (24/11/2021).

Pj. Sekda mengatakan bahwa kabupaten sehat merupakan kondisi kabupaten yang bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni.

“Yang terselenggara dalam program dan tatanan dengan menjalin kerja sama dengan semua pihak mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan hingga Kabupaten, lintas sektoral, serta tentunya didukung perilaku masyarakat,” kata Emran.

Baca juga:  Ketua DPW AWDI Sumut Kecam Pembunuhan Wartawan di Siantar

Menurut Emran, masyarakat harus menjadi mitra pemerintah dan ikut bertanggung jawab terhadap hasil pembangunan itu sendiri. Begitu juga dengan kecamatan-kecamatan harus menunjukkan komitmen, meskipun tidak masuk dalam kecamatan lokasi fokus kegiatan, akan tetapi harus aktif mendukung terwujudnya Kabupaten Muara Enim Sehat.

“Meskipun verifikasi tahun 2023, akan tetapi harus disiapkan dari sekarang,” ujarnya.

Di hadapan peserta Rakor yang diikuti camat se-Kabupaten Muara Enim, Pj. Sekda menegaskan bahwa untuk mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat dari Kemenkes dan Kemendagri, harus berorientasi pada 4 tatanan wajib, yaitu permukiman sarana dan prasarana umum yang baik, masyarakat mandiri sehat dan ketahanan pangan, pasar sehat, dan pendidikan yang memadai.

Baca juga:  Damkar-BPBD Sigap Evakuasi Pohon Tumbang di Desa Karang Raja

Selain itu, capaian persentase Buang Air Bebas (BAB) harus mencapai 80 persen, sedangkan saat ini BAB tidak secara sembarangan di Kabupaten Muara Enim baru mencapai 51 persen.

“Dengan komitmen yang telah ditandatangani, harus diwujudkan dengan kerja keras, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Muara Enim yang sehat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakor sekaligus Plt Kepala Dinas Kesehatan, Selamat Oku Asmana menjelaskan bahwa Rakor ini untuk memastikan keterlibatan semua pihak dari desa, kelurahan, hingga kecamatan di Kabupaten Muara Enim, untuk mewujudkan Kabupaten Muara Enim Sehat.

Baca juga:  Bersama Forkopimda, Pj Sekda Muara Enim Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022

“Narasumber Rakor satu hari ini yaitu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sumsel Feri Fahrizal dan Kepala Bidang Pembangunan Manusia Sosial dan Masyarakat Bappeda Muara Enim Yosi,” jelasnya.  (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *