oleh

Dinkop UKM Muara Enim Gelar Pelatihan Kewirausahaan Tahun 2021

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kabupaten Muara Enim Tahun 2021. Acara digelar di Ballroom Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (25/8/2021).

Kegiatan pelatihan itu diikuti oleh 56 orang peserta yang terdiri dari para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) yang ada di Kabupaten Muara Enim. Pelatihan digelar selama 3 hari, mulai dari 25 s.d. 27 Agustus 2021.

Kegiatan dibuka langsung oleh Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU), dengan pengalungan kartu tanda peserta secara simbolis kepada 2 orang perwakilan peserta.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Muara Enim, atas nama Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan pribadi, menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dinkop UKM Muara Enim atas terselenggaranya kegiatan pelatihan kewirausahaan ini.

Baca juga:  2 Hari Penyekatan Mudik, Kakorlantas: 32.815 Kendaraan Diputarbalikan

“Karena kegiatan ini tentunya diharapkan sebagai upaya kita untuk memberikan dorongan atau stimulus kepada masyarakat dalam berwirausaha,” ujar HNU.

Lebih lanjut, HNU berharap melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, para peserta nantinya mampu meningkatkan kredibilitas, kemampuan untuk meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja baru.

“Tentu yang paling penting adalah turut serta menggerakkan ekonomi daerah,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, HNU berpesan kepada para peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh.

“Timbalah ilmu sebanyak-banyaknya, sehingga kalian mendapatkan suatu pengetahuan baru tentang bagaimana kalian me-manage, mengelola, dan membawa UMKM yang kalian geluti itu menjadi UMKM yang bisa bersaing di era globalisasi ini,” pesannya.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Resmikan Aplikasi Siduk, Inovasi Kantor Imigrasi dan Disdukcapil Muara Enim

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Muara Enim, Surdin, S.E., M.Si. mengatakan, melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan ini, diharapkan nantinya usaha yang digeluti oleh para peserta dapat berkembang.

“Dengan usaha yang berkembang, tentunya bisa menyerap tenaga kerja, menambah pendapatan pelaku usaha, bisa mengurangi angka kemiskinan dan juga mendorong pemulihan ekonomi secara nasional, khususnya di Kabupaten Muara Enim,” tambahnya.

Adapun narasumber pelatihan berjumlah 4 orang sebagai berikut:

1. Abdul Rahman, S.E. dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan, materi tentang Teknik Berwirausaha dan Kemitraan;

2. H. Shofyan Aripanca, S.Kom., M.Si. dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Muara Enim, materi Arah dan Kebijakan Pemerintah Tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah;

Baca juga:  Satu Persepsi Terkait IPKD, Pemkab Muara Enim Terus Tingkatkan Kapasitas SDM

3. Lisa Herawati, S.Pd., M.Si. selaku Direktur Klinik UMKM Bersama Sumsel, materi Motivasi dan Kiat Sukses, Model Bisnis, dan Perencanaan dan Pengelolaan Bisnis UKM;

4, Adv. Santi Indriani, S.H., M.H. selaku Ketua Divisi Legalitas dan Hukum Klinik UMKM Bersama Sumsel, materi Administrasi Sederhana Untuk UKM, Legalitas dan Payung Hukum UMKM, dan Proposal Usaha dan Praktik Proposal Usaha.

Sebagai informasi, sumber dana pelaksanaan kegiatan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik. Para peserta pelatihan mendapatkan fasilitas penginapan, makan dan minum, snack, alat tulis kantor dan uang transport. Kegiatan pelatihan ini juga mendapat dukungan dari BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memfasilitasi para Pelaku Usaha Mikro Kecil menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *