oleh

Polres Lahat Gelar Apel 3 Pilar Kebangsaan Bersama Forkopimda Lahat

LAHAT, ENIMTV – Polres menggelar apel tiga pilar kebangsaan bersama Forkopimda dalam rangka membangun kebersamaan dalam keberagaman, guna bakti untuk negeri menuju Indonesia Unggul dan Sehat, Jumat (30/4/2021).

Apel yang digelar di Mapolres Lahat tersebut dihadiri langsung oleh Bupati lahat Cik, Ujang, S.H.

Giat tersebut diikuti oleh Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K., Waka Polres Lahat Kompol Jossy Andrianto, S.T., M.M., Sekda Lahat Deswan Irsyad, Dandim 0405 Letkol Kav Syawaf Al Amien yang diwakili oleh Pasi Ops Kodim 0405 Lahat, para Kabag dan Kasat jajaran Polres Lahat, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Lahat, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Lahat, Ka Kesbangpol Kab. Lahat, Kasat Pol PP Kab. Lahat, para Camat dan Lurah/Kepala desa, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Kab. Lahat, perwakilan Ormas Islam dan tamu undangan lainnya,

Baca juga:  Pemerintah Diminta Tetapkan OPM sebagai Organisasi Teroris

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang membacakan amanat Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M., bahwasanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri atas perjuangan seluruh anak bangsa dan untuk kemajuan serta kesejahteraan rakyat Indonesia tanpa mengenal batas wilayah, suku, ras, agama dan golongan serta status sosial.

“Kondisi yang aman dan kondusif merupakan dambaan setiap warga negara, karena masyarakat dapat menjalankan aktivitas dengan optimal tidak diliputi oleh rasa khawatir dan takut,” ucapnya.

Baca juga:  Pemkab Lahat Sambut Presidium Pembentukan Kab. Besemah, "Kemudahan Pelayanan dan Pemerataan Pembangunan" Jadi Acuan Penggabungan Wilayah

Kapolda Sumsel, kata Cik Ujang, mengajak seluruh stakeholder, TNI, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk berantisipasi secara proaktif dan aplikatif, dengan cara bertindak yang tepat, efektif dan efisien dalam mendukung kebijakan pemerintah guna menekan angka peningkatan Covid-19 di Provinsi Sumsel.

“Ini bukan tentang siapa yang hebat, tetapi tentang kebersamaan yang tidak ternilai oleh siapapun,” pesannya.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar 3 pilar kebangsaan yang dipimpin oleh Bupati Lahat dan diikuti oleh seluruh tamu undangan dan peserta apel kebangsaan, yang isinya adalah sbb:

Atas bimbingan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, kami masyarakat Sumatera Selatan mentatakan kedaulatan tekad sebagai berikut:
A. Siap menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI dan menolak segala bentuk kelompok dan paham radikalisme.
B. Siap bersinergi dan bersama-sama menciptakan Indonesia Sehat yang bebas dari pandemi Covid-19.
C. Siap bersinergi dan bersama-sama menciptakan Indonesia Unggul dalam percepatan ekonomi.

Baca juga:  Buka Konferensi ke-22 PGRI Muara Enim, Juarsah Janji Perjuangkan Kesejahteraan Guru Honorer

Peserta Apel 3 pilar kebangsaan ditandai dengan memakai ikat kepala merah putih sebagai tanda cinta NKRI serta melibatkan babinsa dan bhabinkamtibmas dan polisi pamong praja, para lurah/kades sebagai ujung tombak yang turun langsung kepada masyarakat sampai di tingkat rukun tetangga. Selama giat berlangsung, situasi aman terkendali. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *