oleh

Buka Pelatihan Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender, Ini Harapan Cik Ujang

LAHAT, ENIMTV – Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. didamping oleh Pjs Sekda Lahat Drs. H. Deswan Irsyad, M.Pd.I. membuka Pelatihan Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG). Acara berlangsung di Hotel Bukit Serelo Lahat, Kamis (8/4/2021).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Hj. Noerlela dalam laporannya mengatakan bahwa acara tersebut akan diselenggarakan selama dua hari 8 s.d. 9 April 2021, diikuti oleh 35 peserta yang berasal dari beberapa instansi di Kabupaten Lahat. Dan dihadiri langsung oleh Kepala Bappeda Lahat, Kepala Inspektorat Lahat serta tamu undangan lainnya.

Hj. Noerlela menambahkan, dasar kegiatan adalah Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional, yang kedua Permendagri Nomor 67 tahun 2011 tentang perubahan atas UU Nomor 15 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Daerah, dan Peraturan Bupati Lahat Nomor 32 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan.

Baca juga:  Dongkrak Produktivitas, Kemenperin Dorong Industri Batik dan Kerajinan Manfaatkan Teknologi Modern

“Maksud dan tujuan diadakan kegiatan pelatihan ini adalah agar para peserta mampu memahami secara keseluruhan bagaimana pelaksanaan penganggaran yang responsif dan ini mulai dari konsep perencanaan pelaksanaan dan evaluasi gender di masing-masing OPD,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Lahat H. Cik Ujang dalam sambutannya menyampaikan, pengarusutamaan gender dalam pembangunan merupakan strategi untuk mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mendapatkan manfaat pembangunan, serta meningkatkan partisipasi dan mengontrol proses pembangunan dengan tujuan untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender. Kemudian upaya untuk menegakkan hak-hak perempuan dan laki-laki atas kesempatan, pengakuan, dan penghargaan yang sama dalam bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

Baca juga:  Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara, Desa Payo Gelar Pembinaan IVA Test

“Dengan tujuan untuk membantu mengurangi kesenjangan gender dan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan dalam pembangunan. Untuk menjamin agar kebutuhan serta aspirasi laki-laki dan perempuan dari berbagai kelompok sosial maka diperlukan penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender,” ujar Cik Ujang.

Selain itu, Cik Ujang berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pembangunan manusia dan kebudayaan, serta dapat menjadi salah satu strategi penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Lahat. Hal ini karena pelaksanaan sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif, akuntabel dan adil dalam memberikan manfaat pada perempuan dan laki-laki

Baca juga:  PT BP Bantu 172 Sak Semen Untuk Membangun Rumah Warga Korban Kebakaran Pasar Bawah Lahat

“Mari lebih aktif untuk mewujudkan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh masyarakat Kabupaten Lahat, baik laki-laki maupun perempuan,” ajak Cik Ujang.

“Kepada para peserta, saya ucapkan selamat mengikuti. Semoga ilmu yang didapat dapat diterapkan pada masing-masing perencanaan di setiap Organisasi Perangkat Daerah,” tutupnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *