oleh

Jual Motor Curian Melalui Medsos, Pria Ini Diringkus Polisi

OKU TIMUR, ENIMTV – MH (20), warga Desa Rasuan, Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur diciduk anggota Unit Reskrim Polsek Buay Madang Timur (BMT) saat hendak menjual sepeda motor melalui Media Sosial (Medsos) Facebook. MH diduga menjadi penadah karena sepeda motor yang akan dijualnya merupakan hasil curian.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, S.I.K., M.H. didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan, S.H., S.I.K. melalui Kapolsek Buay Madang Timur Iptu Alimin, S.H. mengatakan, terungkapnya keberadaan tersangka MH, setelah tersangka akan menjual motor tersebut melalui media sosial Facebook di marketplace.

“Sepeda motor yang dijual oleh tersangka di forum jual-beli tersebut ciri-cirinya sama dengan milik korban, Susanto (35) warga Desa Tanjung Mulya Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur,” kata Alimin, Minggu (21/3/2021).

Baca juga:  OASE Beraksi, Cipakancilan Bersih Kembali

Selanjutnya, Unit Opsnal berpura-pura akan membeli sepeda motor tersebut dan telah disepakati dengan harga Rp5 juta dengan sistem Cash On Delivery (COD).

“Pada Minggu (21/3/2021) sekitar pukul 11.30 WIB, sesuai dengan kesepakatan, anggota kita melakukan transaksi sistem COD dan bertemu di Dusun Bangun Sari Desa Srikaton BK3 Kecamatan Buay Madang Timur,” jelasnya.

Sesampainya di tempat yang disepakati tersebut, Unit Opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Aiptu Jumaidi, S.E. langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka. Kemudian setelah dilakukan pengecekan terhadap sepeda motor tersebut, ternyata memang benar sepeda motor milik korban.

Penangkapan terhadap tersangka berdasarkan laporan korban Susanto (35) Desa Tanjung Mulya Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur dengan Laporan Polisi Nomor : LP-B/ 06 / III / 2021 / SUMSEL /OKUT / SEK BMT, Tgl 16 Maret 2021.

Baca juga:  Petani Padi di OKUT Keluhkan Kelangkaan Pupuk Saat Musim Tanam

Alimin mengungkapkan, aksi pencurian dengan pemberatan (curat) tersebut terjadi pada Selasa, 15 Desember 2020 sekitar pukul 03.30 WIB ketika korban sedang tertidur. Pelaku masuk ke dalam rumah setelah mencongkel jendela bagian depan. Kemudian pelaku merusak kunci sepeda motor dan mengeluarkan sepeda motor tersebut melalui pintu depan.

“Korban terbangun karena mendengar ada suara sepeda motor kemudian korban melihat sepeda motor miliknya yang diparkir di dalam rumah sudah hilang dan pintu depan dalam keadaan terbuka,” ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian berupa satu unit sepeda motor honda CB150R warna putih senilai lebih kurang Rp10 juta. Selanjutnya korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Buay Madang Timur.

Baca juga:  Pemerintah Tempatkan Pembangunan SDM Sebagai Prioritas Utama

Dari hasil pemeriksaan, tersangka MH mengakui bahwa telah membeli sepeda motor merk Honda Type CB150R warna putih merah tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah dari Rz (35), warga Desa Anyar Kecamatan BP Bangsa Raja, OKU Timur seharga Rp 6 juta.

“Tersangka mengakui memang benar akan menjual kembali sepeda motor tersebut tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah melalui aplikasi jual beli online (Marketplace) Aplikasi Facebook, kemudian melakukan transaksi secara COD,” jelas Alimin.

“Tersangka dan barang bukti sekarang sudah diamankan ke Mapolsek Buay Madang Timur untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Sumber: Humas Polres OKU Timur

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *