oleh

Bupati dan BNNK OKU Timur Launching Desa Bersinar

OKU TIMUR, ENIMTV – Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur H. Lanosin, ST. dan Wakil Bupati OKU Timur H.M.Adi Nugraha Purna Yudha di dampingi Kepala BNNK OKU Timur AKBP Efryanto Tambunan, M.M. Lounching Desa Bersinar (Bersih Narkoba), di Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja, dalam rangka upacara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2021, Senin 28 Juni 2021.

Bupati OKU Timur H. Lanosin mengatakan Lounching Desa Bersinar mendukung program visi dan misi yaitu OKU Timur Maju Mulia, Maju daerahnya Mulia ahlak rakyatnya.

Mulia itu seperti ini yaitu lounching Desa Bersinar, untuk itu Pemerintah OKU Timur mendukung secara penuh program ini secara penuh, mulai dari menyiapkan lahan untuk BBNK baik untuk kantor maupun untuk rumah rehabilitasi, menyiapkan kendaraan untuk pasien rehabilitasi.

H. Lanosin, S.T. mengatakan bahwa terhadap Narkoba ada  keprihatinan seluruh masyarakat,  sebagai upaya memerangi penyalahgunaan narkoba. Tentunya dengan Adanya Desa Bersinar  yang dibutuhkan gerakan yang masif serta kepedulian dari segala unsur masyarakat yang ada di desa untuk bersama-sama memerangi penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkotika.

Baca juga:  Kunjungi Desa Budaya Gamcheon di Busan, Presiden Jokowi: Bisa Jadi Inspirasi

Bupati H.Lanosin S.T menjelaskan,  Desa Bersinar (Bersih Narkoba) merupakan salah satu strategi Pemerintah dalam hal Pencegahan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika  Perdana nya salah satunya Desa Muncak Kabau.

” Desa Bersinar adalah desa yang melaksanakan program-program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) secara mandiri, baik itu kegiatan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi,” Jelasnya

Menurut Bupati, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan dalam mencapai keberhasilan program Desa Bersinar. Pertama kegiatan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) harus terlaksana secara mandiri di masing-masing desa. Kemudian, masyarakat desa paham akan bahaya akibat narkoba dan mampu menangkalnya.

“Teralokasi dana yang bersumber dari APBD, ADD, CSR atau sumber lain yang tidak mengikat untuk program P4GN ditingkat desa. Adanya dukungan Polindes dalam rangka rehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika, membentuk relawan dan penggiat anti narkoba di Desa,” beber nya.

Baca juga:  Teteskan Air Mata Cium Sang Merah Putih, 39 Anggota NII di Sumsel Kembali ke Pelukan NKRI

Enos berharap, dengan telah dibentuk Desa Bersinar menurunnya tingkat kerawanan dalam penyalahgunaan, kejahatan Narkotika desa yang ada di 20 Kecamatan di OKU Timur dan terciptanya peran aktif masyarakat dalam upaya untuk Pencegahan Pemberantasan Narkoba dan Rehabilitasi. Pungkasnya. sangat perlu terutama bagi masyarakat OKU Timur, jika tidak dilakukan rehabilitasi maka kemungkinan akan terjadi pelangaran berat.

Bupati Melenial ini juga mengatakan, bagi penguna narkotika, saya mohon dengan sangat agar kesadaran itu timbul dari hati nurani untuk minta di rehabilitasi, dan menghubungi, kepala desa atau lurah, Camat, BNNK untuk di rehabilitasi secara fisik dan kejiwaan.

Bupati yang penyang dengan rakyatnya ini berpesan kepada generasi melenial agar Stop Narkotika, Narkotika Membunuh Mu, Aku Sayang Kamu Kamu Harus Sayang Aku, Aku Hormat Kamu, Kamu Harus Hormat sama Aku.

Baca juga:  Update 7 Juli 2020: Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 di Indonesia Meningkat 1.268

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan, melakukan gerakan Perdana Desa Bersih Narkoba (BERSINAR) pada Desa Muncak Kabau Kecamatan B.P Bangsa Raja Secara langsung dilaunching Bupati OKU Timur H.Lanosin ST.

Desa Bersih Narkoba (Bersinar) adalah desa yang melaksanakan program-program P4GN secara mandiri, sebuah kegiatan pencegahan, pemberantasan dan rehabilitasi terhadap narkoba.

Selain itu juga untuk menerapkan dan menyukseskan agar desa menjadi Desa Bersinar, dibentuk juga relawan dan penggiat anti narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten  OKU Timur AKBP Efriyanto Tambunan mengatakan bahwa launching Desa Bersinar ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya desa Muncak kabau, OKU Timur.

“Program Desa Bersinar ini sebenarnya sudah lama ditentukan, namun ada beberapa kendala karena Covid 19 sehingga terhambat, maka di tahun 2021 inilah bisa terlaksana untuk launching Desa Bersinar. (SMSI OKU Timur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *