oleh

Resmikan Bank Sampah Semidang Indah, Cik Ujang: Jika Ada Kemauan dan Kegigihan, Sampah Pun Bisa Jadi Nilai Ekonomi

LAHAT, ENIMTV – Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Lahat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, di mana hal ini termasuk dalam program kerja “Lahat Bercahaya”.

Di samping itu, Bupati Lahat mengungkapkan bahwa jika ada kemauan dan kegigihan, apapun termasuk sampah bisa dikelola menjadi nilai ekonomi (Uang).

Hal tersebut disampaikannya saat meresmikan Bank Sampah Semidang Indah, BUMDes Desa Manggul. Acara bertempat di Dusun III Desa Manggul, Kec. Lahat, Kab. Lahat, Selasa (23/2/2021).

Baca juga:  Bareskrim Polri Sita Ratusan Satwa Dilindungi Tak Berizin di Cicurug Sukabumi Jawa Barat

 

Cik Ujang menyampaikan hal itu setelah mendengar pemaparan dari Direktur Bank Sampah Semidang Indah, Dodi Permana yang menjelaskan bahwa dari pengelolaan Bank Sampah akan dihasilkan Magot Larva dari lalat hitam “Black Soldier Fly “yang mengerubungi sampah organik rumah tangga.

“Magot tersebut bisa dipakai untuk pakan ternak, itulah nilai ekonomi nya,” papar Dodi.

Baca juga:  Pengurus Daerah IWO Tegal Resmi Dilantik

“Bahkan kami telah dapat pesanan ekspor ke Korea,” tambahnya.

Oleh karena itu, Kepala Desa Manggul, Hermansyah mengajak seluruh masyarakat Desa Manggul untuk tidak membuang sampah sembarang, sampah rumah tangga bisa dibawa ke Bank Sampah Semidang Indah untuk dikelola menjadi nilai ekonomi.

“Ayo bersama kita menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan kita belajar mengelola sampah rumah tangga menjadi nilai ekonomi,” ajaknya.

Baca juga:  3 Cara Optimal Bagi UMKM Selamat Dari Pandemi

Acara peresmian Bank Sampah Semidang Indah ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng.

Pantauan Enimtv.com, tampak hadir di lokasi, Ketua DPRD Fitrizal Homizi, S.T., Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, Kapolsek Kota Iptu Irsan, Kepala DLH Lahat Ir. Agus Salman, Kepala BPBD Ali Afandi, Kepala Dinas Kominfo Rudhi Dharma, Kepala Dinas Koperasi Yahya Edward, Kasat Pol PP Fauzan Khoiri, dan Plh Kadinkes Lahat Taufik M Putra. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *