oleh

Dana Donasi Capai Rp 1,095 Miliar, Pemkab Lahat beserta Warga Korban Kebakaran Pasar Bawah Sepakat Gunakan untuk Bangun Rumah Kembali

LAHAT, ENIMTV – Dana donasi korban kebakaran Pasar Bawah hingga hari ini telah mencapai Rp1,095.000.000. Dan 62 Kepala Keluarga (KK) korban kebakaran Pasar Bawah menyetujui dari dana tersebut dibangunkan kembali rumah tipe 36 oleh Pemkab Lahat. Keputusan tersebut berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat antara Pemkab Lahat bersama warga korban kebakaran di Posko Bencana, Kamis (22/10/2020).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. meminta kepada warga yang rumahnya akan dibangunkan kembali, agar tidak mempermasalahkan lebih kurang luas tanahnya. Selain dibangunkan rumah tipe 36 langsung bersertifikat atas nama warga, Pemkab Lahat juga akan menambahkan fasilitas jalan selebar 3 meter dan sodetan air langsung ke Sungai Lematang untuk menghindari tergenangnya air saat hujan turun.

Baca juga:  Kepala Perwakilan TETO Jakarta Ingin Bicarakan Kerja Sama Pariwisata Taiwan-Indonesia dengan Menparekraf

“Kita akan bangunkan kembali rumah tipe 36 dan luas tanahnya 8×10. Kami minta kepada warga untuk menandatangani surat pernyataan siap menerima dan tidak mempermasalahkan tanahnya ada yang terpakai lebih, agar tidak terjadi permasalahan/keributan di kemudian harinya. Pribahasenye ngenjuk ngambek,” ujar Cik Ujang.

Cik Ujang juga menambahkan, “Untuk kekurangan dana dalam membangun kembali rumah warga, nantinya Pemkab akan menggunakan dana taktis Bencana Alam dari BPBD Pemkab Lahat sejumlah 1 miliar lebih,” imbuhnya.

Baca juga:  Bentuk Kepedulian, PTBA Beri Santunan kepada Korban Kebakaran Kelurahan Pasar Agung Lahat

Tak hanya itu, ditambahkan oleh Kepala BPBD Ali Afandi, “Selain uang saat ini, donasi dalam bentuk material bangunan juga telah banyak terkumpul, di antaranya 1.951 sak semen, besi 10 inc 10 btg dan 8 inc 25 btg, dan Pasir 25 kubik yang bersumber dari para donatur,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu korban, Mahmudin mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur atas bantuan yang ia dapatkan. Mewakili seluruh korban, ia mengucapkan terima kasih kepada para donatur.

Baca juga:  PT. BAU Bagikan 21,5 Ton Beras Bantu Masyarakat Terdampak Covid-19 di Kab. Lahat

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua donatur. Atas kepedulian mereka semua akhirnya kami masih dapat memiliki rumah,”  ucapnya kepada Enimtv.com di sela kegiatan.

Pantauan Enimtv.com di lokasi, turut hadir Sekdakab H. Januarsyah, S.H., M.H., Kadinsos Iskandar, M.Si., Kadis Perkim Limra Naufan, Kadis PUPR Mirza, Kasat Pol PP Fauzan Khoiri, beserta unsur OPD lainnya, (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *