Tingkatkan Kualitas Manajemen Komunikasi, Prokopim Muara Enim Gelar Pembinaan Public Speaking

Berita, Daerah36 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Public Speaking menjadi salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh semua aparatur pemerintahan. Apalagi di era informasi publik saat ini, kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar.

Setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan cara yang tepat di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat. Karena berbicara tidak sekadar mengeluarkan kata-kata, unek-unek atau perasaan, namun lebih dari itu.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen komunikasi tersebut, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Kabupaten Muara Enim menggelar kegiatan Pembinaan Public Speaking Tahun 2024 bagi aparatur pemerintah di Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Pemkab Muara Enim Terima Bantuan CSR 4 Unit Motor Roda Tiga Pengangkut Sampah dari Bank BRI

Pembinaan Public Speaking ini dilaksanakan selama 2 hari, mulai dari tanggal 3 s.d. 4 Juli 2024, di Ballroom Hotel Griya Sintesa Muara Enim.

Bupati Muara Enim diwakili Sekretaris Daerah Ir. Yulius, M.Si. menyampaikan bahwa, pemerintah dalam menjalankan tugas pelayanan umum tidak akan terlepas dari komunikasi publik, terutama yang menyampaikan pesan kepada masyarakat, pelayanan yang bersifat kedinasan, kepentingan umum atau organisasi kemasyarakatan.

“Karena itulah kita sebagai abdi negara dituntut untuk menguasai ilmu Public Speaking. Dengan modal percaya yang tinggi, diharapkan saudara sekalian bisa melayani kepentingan masyarakat dan sukses menyampaikan pesan-pesan terkait kebijakan dan kegiatan pembangunan kepada masyarakat,” ujar Yulius dalam sambutannya seraya membuka kegiatan Pembinaan Public Speaking.

Baca juga:  PTBA Beri Dukungan untuk Sektor Pariwisata Nasional

Menurut Yulius, dengan mengusai Public Speaking, para peserta diharapkan mampu dan bisa membangun citra dirinya dengan menyampaikan segala sesuatu dengan cara yang baik, berbahasa bagus dan mudah dipahami serta dapat diterima.

“Sehingga masyarakat dapat tergiring untuk mengaplikasikan apa yang menjadi niat dari kebijakan pemerintah,” tuturnya.

Yulius berpesan kepada seluruh peserta untukĀ  benar-benar mengikuti dan memahami pembinaan Public Speaking yang disampaikan oleh narasumber serta mengimplementasikan dalam kegiatan lingkungan kerja masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bagian Prokopim Muara Enim Pradita Arisandi, S.STP., M.Si. menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah, baik di tingkat Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan di Kabupaten Muara Enim, agar mempunyai kesadaran pentingnya kegiatan Public Speaking dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga:  Gernas Bulan K3, PTBA Bersama Stakeholder Bersih-bersih Lingkungan

“Peserta diharapkan mampu merumuskan etika dan melaksanakan, serta meningkatkan kemampuan dan potensi dalam mengusai Public Speaking di berbagai tempat dan situasi, sehingga penyampaian pesan ke atasan ataupun masyarakat dapat dilakukan secara terampil, terencana dan profesional,” jelasnya.

Peserta kegiatan berjumlah 80 orang terdiri dari perwakilan Forkopimda, OPD dan instansi vertikal, serta kecamatan se-Kabupaten Muara Enim.

Adapun Narasumber yang dihadirkan yaitu Direktur PT SPEAKING.id Surakarta Zahra Noor Eriza, S.I.Kom., M.M., yang merupakan praktisi komunikasi dan pengajar keterampilan komunikasi.

Hadir pada kesempatan itu, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Nugraha, perwakilan Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muara Enim. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *