Tingkatkan Produktivitas & Daya Saing, Dinkop UKM Muara Enim Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro

Berita, Daerah66 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro, di The Melio Hotel Muara Enim, Selasa (25/6/2024).

Pelatihan Kewirausahaan ini dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 25 s.d. 27 Juni 2024.

Peserta kegiatan sebanyak 100 pelaku usaha mikro yang terdiri dari binaan PTBA, PT TEL, PT PAMA, TP PKK Muara Enim, IWAPI, Hipmikindo, APJI, PPUMI, Rumor UMKM Dinas Koperasi, UKM dan serta 22 Kecamatan yang melakukan pembinaan/pembinaan bagi UMKM.

Dalam laporannya, Kepala Dinkop UKM Muara Enim H. Husin Aswadi, S.E., M.M. menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kapasitas pelaku usaha dalam mengelola usaha secara profesional.

Baca juga:  Dinas Perkim Muara Enim Adakan Penyuluhan Hukum Pertanahan

“Agar bisa berkembang serta meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku UMK, sehingga dapat membentuk wirausaha yang kreatif dan handal,” jelas Husin.

Husin menerangkan, 3 orang narasumber dihadirkan pada pelatihan ini, yaitu Bapak Cipto Riyanto, S.E., M.M. dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, dengan materi “Kebijakan Pengembangan Kewirausahaan dan Penataan Laporan Keuangan Bagi Pelaku Usaha”.

“Kemudian Bapak Drs. Hermansya Qodho, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel, dengan materi Pengembangan Kewirausahaan Melalui Kemitraan,” terangnya.

Narasumber lainnya, Ibu Dr. Lisa Hermawati, S.Pd., M.Si., Direktur dari Klinik UMKM Bersama Sumatera Selatan, dengan materi “Akselerasi Digitalisasi, Urgensi Legalitas dan Payung Hukum bagi Pelaku Usaha Motivasi dan Pengelolaan Bisnis dan Administrasi Sederhana UMKM”.

Baca juga:  Laba Bank Sumsel Babel Naik 13,33%, Muara Enim Terima Dividen Rp9,5 Miliar

Sementara itu, Bupati Muara Enim diwakili Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. A. Yani Heryanto, M.M. yang membuka pelatihan mengatakan, dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki pelaku usaha mikro saat ini, tentunya tidak mudah untuk mengimplementasikan yang dipelajari dari teori ke praktik di lapangan.

“Namun apabila kita bersungguh-sungguh dan yakin, tentunya hal yang menjadi tujuan kita dapat tercapai,” kata Yani.

Baca juga:  Dirjen Hubdat Dorong Kendaraan Listrik Sebagai Solusi Atasi Gas Rumah Kaca

Yani berharap melalui pelatihan ini dapat menumbuhkan wirausaha yang handal serta menciptakan lapangan pekerjaaan, sehingga pemerataan pendapatan masyarakat bisa terwujud.

“Nantinya juga akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah yang diharapkan mampu menjadi pemicu akselerasi target pengentasan kemiskinan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Lebih lanjut, Yani berpesan kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pelatihan.

“Pelatihan ini sangatlah penting untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro dalam tata kelola usaha mikro yang kreatif dan berkualitas, sehingga dapat memberikan peluang kewirausahaan masyarakat,” pungkasnya. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *