Asah Keterampilan Bicara di Muka Umum, ASN Pemkab Muara Enim Ikuti Pembinaan Public Speaking

Berita, Daerah13 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna mengasah kemampuan berbicara di muka umum, jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim mengikuti kegiatan Pembinaan Public Speaking yang diselenggarakan oleh Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Muara Enim, Rabu (06/07/2022).

Acara yang berlangsung di Hotel Griya Sintesa Muara Enim tersebut, dibuka secara langsung oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Maryana.

Dalam sambutannya, Asisten III mengatakan bahwa, di era informasi publik saat ini, kesempatan untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat di muka umum sangat terbuka lebar.

Baca juga:  Kebijakan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan

“Setiap orang dapat berbicara di muka umum, namun belum tentu semua orang mampu berbicara dengan cara yang tepat, di waktu yang tepat dan pada orang yang tepat. Berbicara tidak sekadar mengeluarkan kata-kata, uneg-uneg perasaan,” kata Maryana.

Lebih lanjut, Maryana menjelaskan, Public Speaking sendiri merupakan proses berbicara kepada masyarakat atau suatu organisasi yang tersusun atau terstruktur dengan baik.

“Public Speaking merupakan suatu bentuk komunikasi publik guna menyampaikan pesan atau informasi dalam berbagai bentuk seperti suara, tulisan, lisan, simbol-simbol dan sebagainya,” jelasnya,

Baca juga:  Buka Bersama, Hiswana Migas dan Pertamina Lubuklinggau Minta Media Edukasi Positif ke Masyarakat

Menurutnya, faktor utama dalam Public Speaking yang sangat diperlukan adalah bahasa. Bahasa yang disusun dalam penyampaian pesan kepada masyarakat yang logis dan jelas, sehingga tidak menimbulkan persepsi yang berbeda.

“Oleh sebab itu, kita semua menyadari bahwa Public Speaking menjadi salah satu kompetensi yang sangat penting dan harus dikuasai oleh semua aparatur pemerintahan. Salah satu cara adalah melalui kegiatan Pembinaan Public Speaking seperti ini, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana cara kita untuk menyampaikan suatu hal dengan baik kepada orang lain,” ujar Maryana.

Baca juga:  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Asisten Perekobang Siap Dukung Pengembangan Pupuk Bokasi Desa Tanjung Raja

Asisten III berharap, dengan menguasai Public Speaking, para peserta dapat meningkatkan potensi diri sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk mewujudkan Muara Enim MERAKYAT Muara Enim yang Agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.

Turut hadir dalam acara tersebut, perwakilan Unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab. Muara Enim. (Aal/Diskominfo-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *