Tingkatkan Kemampuan, 85 Tagana Muara Enim Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Berita, Daerah40 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Sebanyak 85 orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Muara Enim mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas yang digelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Muara Enim, di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (19/06/2024).

Pelatihan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dibuka oleh Bupati Muara Enim diwakili Plt Sekretaris Dinsos Muara Enim Sagita Destaria, S.IP., M.M.

Dalam sambutannya, Plt Sekretaris Dinsos Muara Enim menjelaskan bahwa, Tagana sebagai potensi sumber kesejahteraan sosial merupakan modal strategis berbasis masyarakat dalam kerangka sistem penanggulangan bencana nasional.

“Perkembangan kuantitas dan kualitas anggota Tagana yang semakin meningkat memerlukan pengelolaan lebih baik dan profesional di dalam pengaturan maupun pelaksanaan tugas penanggulangan bencana,” jelas Destaria.

Baca juga:  Pelatihan Kader Wawasan Kebangsaan di Kota Bogor, BPIP dan IWO Beri Materi

Lebih lanjut, Destaria menerangkan bahwa, Tagana bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana, baik sebelum (pra), pada saat dan sesudah (paska) terjadi bencana.

“Salah satu tugas Tagana dalam melaksanakan penanggulangan bencana pada pra bencana, yaitu melakukan pendataan dan pemetaan daerah rawan bencana,” terangnya.

Kemudian penanggulangan bencana pada saat terjadi bencana, Tagana mempunyai fungsi mengkaji dengan cepat dan melaporkan hasil identifikasi serta rekomendasi kepada posko/dinas/instansi sosial serta berkoordinasi dengan tim reaksi cepat bidang perlindungan dari Jaringan Sosial, mengidentifikasi dan pendataan korban.

Baca juga:  PT PLN (Persero) UIW S2JB UP3 Lahat Pastikan Pasokan Listrik Aman Jelang Pilkada Serantak 2020, Hari Natal, dan Tahun Baru 2021

“Sedangkan untuk penanggulangan bencana pada paska terjadi bencana, Tagana mempunyai fungsi mengidentifikasi atau pendataan kerugian material pada korban bencana,” tambahnya.

Destaria berpesan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas penanggulangan bencana yang terjadi di kecamatan masing-masing.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan H. Abdul Nasir Azmi, S.Ikom. menjelaskan maksud kegiatan pelatihan ini untuk memacu semangat kerja keanggotaan Tagana agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara baik, terencana, terarah dan berkesinambungan serta penuh tanggung jawab dalam penanganan masalah bencana.

Baca juga:  Silaturahmi dengan Kyai Sepuh Jawa Timur, Menhan Prabowo Bahas Persatuan dan Kesatuan

“Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan kemampuan serta keterampilan teknis dan memotivasi terhadap penanganan bencana anggota Tagana dalam melaksanakan tugas serta memberikan pelayanan kepada masyarakat umumnya apabila terjadi bencana,” jelasnya.

Adapun Narasumber pada kegiatan tersebut, yaitu Drs. Elman Jamhari, M.Si. dari Dinas Sosial Provinsi Sumsel, Serda Eko Prastio dari Kodim 0404 Muara Enim, dan Winarti, S.AP. dari BPBD Muara Enim. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *