Pj Bupati Rizali Ajak Generasi Penerus Lestarikan Pancasila 

Berita, Daerah43 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A. memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, di Halaman Kantor Pemkab Muara Enim, Senin, 3 Juni 2024.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pj Bupati Muara Enim dalam kesempatan itu membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Baca juga:  Hari Pertama Penyekatan Mudik, Bus dan Mobil Pribadi Diputar Balik di Muara Enim

Pj Bupati mengatakan, Pancasila merupakan ideologi yang menopang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Para pendiri negara kita dulu menciptakan ideologi ini tentu dengan hasil kajian filosofi yang sangat mendalam,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang luas dengan beragam suku di dalamnya dan alam yang berbeda-beda, akan rentan untuk terpisah-pisah kalau tidak ada ideologi Pancasila.

“Kita sangat bersyukur dengan adanya Pancasila,” ucap Pj Bupati.

Baca juga:  Kerja Bakti Bersama Guna Antisipasi Penyebaran Virus Corona di Kabupaten Muara Enim

Pj Bupati pun mengajak generasi penerus untuk melestarikan Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia.

Adapun petugas upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini, yaitu Perwira Upacara AKP Ferry Firdayanto (Kasat Binmas Polres Muara Enim, Komandan Upacara Kapten Inf Akhri Juwandi (Danramil 404-04/Gunung Megang), Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945 Liono Basuki (Ketua DPRD Muara Enim), Pembaca Doa Abdul Harris Putra (Kakan Kemenag Muara Enim), dan Pengibar Bendera Sang Merah Putih Abdul Azis Ronaldo-Dennis Japanes-Beta Iqbal Hakim (Paskibraka Tahun 2023).

Baca juga:  Update Lahat: Jumlah Terkonfirmasi Covid-19 di Kab. Lahat 24 Orang, 1 Meninggal Dunia

Seusai upacara, Pj Bupati menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Muara Enim serta SK Pensiun dan Dana Bantuan Pegawai Purna Bakti KORPRI.

Turut hadir pada upacara tersebut, antara lain Pj Ketua TP PKK Muara Enim Dr. dr. Rose Mafiana, Sp.An., Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Nugraha, Ketua PN Muara Enim Yudi Noviandri, Sekda Muara Enim Yulius serta para OPD di lingkup Pemkab Muara Enim. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *