oleh

Tema dan 4 Prioritas Pembangunan Kabupaten Muara Enim di 2025

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A. membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 dan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, di Ballroom Hotel The Melio Enim, Rabu (27/03/2024).

Pada Musrenbang tersebut menghadirkan sejumlah narasumber, yaitu Direktur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas Ir. Rohmad Supriyadi, M.Si., Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Sumsel Joni Awaludin, S.E., M.A., M.T. dan Tenaga Ahli Pendamping RPJPD Bappeda Muara Enim Prof. Dr. Ir. Andy Mulyana, M.Sc.

Kepala Bappeda Muara Enim Ir. H. Mat Kasrun, M.Si. dalam laporannya memaparkan bahwa, penyusunan RKPD Kabupaten Muara Enim Tahun 2025 telah melalui sejumlah tahapan.

“Mulai dari Forum Konsultasi Publik, Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah hingga akhirnya Musrenbang Kabupaten,” paparnya.

Begitu pun dengan penyusunan RPJPD 2025-2045, tahapannya diawali dengan evaluasi RPJPD 2005-2025 hingga Musrenbang RPJPD yang digelar hari ini.

Lebih lanjut, Kepala Bappeda menjelaskan bahwa usulan kegiatan melalui SIPD RI berjumlah 9.882 usulan.

“8.139 usulan masyarakat dari musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan yang diinput melalui SIPD RI oleh Perangkat Daerah Kecamatan dan 1.743 usulan pokok-pokok pikiran DPRD melalui laporan hasil reses tahap 1 yang diinput melalui SIPD RI,” jelasnya.

Baca juga:  Jelang Ramadhan, Pj Sekda Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Muara Enim & Tanjung Enim

Kepala Bappeda juga menyampaikan tema pembangunan di tahun 2025 yaitu, “Memperkuat Ketahanan Ekonomi Untuk Pembangunan Berkelanjutan”, yang diarahkan pada penguatan ketahanan ekonomi masyarakat khususnya di bidang ketahanan pangan dan pertanian, serta pemerataan layanan infrastruktur dasar.

“Adapun 4 Prioritas Pembangunan di tahun 2025, antara lain Meningkatkan Ketahanan Ekonomi dan Pangan Masyarakat, Meningkatkan Pemerataan Layanan Infrastruktur Dasar, Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia serta Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana,” tandasnya.

Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menyampaikan beberapa hal terkait dengan RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045, salah satunya harus tetap ada program prioritas unggulan yang bisa mendorong peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kabupaten Muara Enim ini adalah tengah-tengah Provinsi Sumsel dan juga kabupaten yang seksi, banyak mata menuju ke sini, tinggal masalahnya apakah kita bisa masuk atau tidak, itulah yang perlu kita susun dalam RKPD dan RPJPD ini,” ujar Rizali.

Pj Bupati mengungkapkan, poin pertama yang harus menjadi perhatian adalah potensi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat perusahaan daerah (perusda).

Baca juga:  Harga Kelapa Sawit Indonesia Meroket Akibat Malaysia Terapkan Lockdown

“Daerah kita banyak sumur minyak, banyak Izin Usaha Pertambangan (IUP), kemarin sudah dibangun ada PD SPME tapi sayang salah pengelolaan dan mungkin dalam manajemennya banyak yang tidak tepat, semestinya ada kerja sama Pemda dengan SPME itu, kalau SPME kerja sama dengan pihak ketiga ada bagi hasil, saya tidak akan menyalahkan yang lalu,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang itu pun menyarankan bahwa harus dibuat perusda baru yang betul-betul mengacu aturan yang ada.

“Perusda minyak itu ada 100 sumur bor menunggu, kalau kita kerja sama dengan pihak ketiga ada masuk itu bagi hasilnya adalah 60:40, begitu juga IUP kita banyak, tapi kita tidak masuk ke sana, padahal kita Pemkab Muara Enim mempunyai peluang untuk melakukan itu yang perlu untuk meningkatkan PAD, itu sayang kalau tidak kita manfaatkan ya,” tuturnya.

Oleh karena itu, Pj Bupati mengharapkan perlu adanya manajemen yang baik dan kepemimpinan yang profesional di Kabupaten Muara Enim.

Sementara itu, Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki yang diwakili Anggota DPRD Jonidi menilai bahwa 2 agenda, Musrenbang RKPD dan RPJPD ini merupakan suatu kewajiban dalam proses pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga:  587 Narapidana Lapas Muara Enim Dapat Remisi HUT ke-76 RI

“Harapan kami dari masyarakat dan DPRD Muara Enim, apa yang menjadi tema, visi dan misi tetap dijalankan dengan semangat, sinergi dengan legislatif tetap berjalan, karena pembangunan ini tidak bisa kita jalan sendiri sendiri. Jadi Pemda, DPRD kita berharap tetap solid demi masyarakat Kabupaten Muara Enim,” ujarnya.

Pihaknya juga sangat mengapresiasi acara Musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2025-2045 ini, selain dari adanya agenda besar lainnya yaitu Pilkada 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan pembangunan Kabupaten Muara Enim akan lebih baik di 2025-2045 sesuai visi dan misi yang sudah ada,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu juga, Pj Bupati Muara Enim menyerahkan penghargaan kepada Perangkat Daerah dengan perencanaan terbaik tahun 2024.

Untuk kategori Badan/Dinas/Inspektorat/Sekretariat, terbaik I Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, terbaik II Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, terbaik III Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Sedangkan kategori Kecamatan, yaitu terbaik I Kecamatan Gelumbang, terbaik II Kecamatan Semende Darat Tengah, dan terbaik III Kecamatan Belimbing. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *