15 Kali Berturut-turut, Muara Enim Pertahankan Piala Adipura Kota Kecil Terbersih

Berita, Daerah47 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Untuk ke-15 kalinya berturut-turut, Kabupaten Muara Enim berhasil menerima Piala Adipura.

Penghargaan Piala Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (KLHK) RI kali ini diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali dari Wakil Presiden RI yang diwakili Wakil Menteri LHK RI Alue Dohong, di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (05/03/2024).

Dalam keterangannya, Pj Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya Kecamatan Muara Enim, atas kepedulian maupun dukungan terhadap kebersihan lingkungan perkotaan.

Baca juga:  Ringankan Beban Masyarakat, Pemkab Banyuasin dan Muara Enim Teken MoU Kerja Sama Penyediaan & Pendistribusian Kebutuhan Bahan Pangan

“Penghargaan Piala Adipura ini sebagai wujud apresiasi sekaligus motivasi dari Pemerintah Pusat melalui KLHK kepada pemerintah maupun masyarakat di daerah, dalam melaksanakan pembangunan perkotaan yang berwawasan lingkungan,” ujar Rizali.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengatakan, dengan kembali diraihnya Piala Adipura ini, maka Kabupaten Muara Enim dinilai konsisten dan berkomitmen atas upaya pengelolaan dan penataan lingkungan perkotaan yang baik, bersih dan teduh.

“Termasuk pengelolaan sampah berdasarkan hasil evaluasi maupun verifikasi kinerja dari tim penilai,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Sumsel Hadiri Sedekah Dusun di Desa Lebak Budi Muara Enim

Tak hanya itu, Pj Bupati menjelaskan bahwa terobosan atau inovasi di bidang lingkungan hidup, khususnya pengelolaan sampah di Kabupaten Muara Enim sedang gencar dilakukan.

“Contohnya dengan telah dioperasionalkannya mesin pemusnah sampah IPI AWS 50 pada UPTD TPA Bukit Kancil yang sangat ramah lingkungan dengam mampu memanfaatkan limbah sampah untuk diolah atau dikonversikan menjadi sumber energi alternatif,” jelasnya.

Menurutnya, hal tersebur sebagai bentuk komitmen Pemkab Muara Enim dalam melaksanakan pembangunan yang merangkul alam.

Baca juga:  Polres Muara Enim Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Pj Bupati pun mengingatkan jajarannya agar tidak berpuas diri, melainkan terus berinovasi hingga nantinya Piala Adipura Kencana dapat diraih.

Di samping itu, dirinya juga mengapresiasi seluruh petugas kebersihan yang telah bekerja keras menjaga kebersihan lingkungan.

Turut mendampingi Pj Bupati dalam kesempatan tersebut, di antaranya Pj Ketua TP PKK Muara Enim Rose Mafiana, Staf Ahli Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Hermin Eko Purwanto dan Kabid Sampah dan Limbah B3 DLH Muara Enim Silfiana Devi. (Aal/Prokopim-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *