oleh

Tingkatkan Kepatuhan Masyarakat, Polres Muara Enim Gelar Ops Keselamatan Musi 2024 Selama 14 Hari

MUARA ENIM, ENIMTV – Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Musi 2024, di Lapangan Kantor Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sabtu (2/3/2024).

Operasi Keselamatan Musi 2024 dengan tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama”, akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 4 Maret sampai dengan 17 Maret 2024.

Apel tersebut melibatkan personel dari Polres Muara Enim, Kodim 0404/Muara Enim, Subdenpom Muara Enim, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pelajar serta dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra dalam kesempatan itu membacakan amanat Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, bahwa Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Musi 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan dengan mengambil Tema Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama Pelaksanaan Operasi Dengan Sandi Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan.

Baca juga:  329 Konten di Medsos Sudah Diberi Peringatan oleh Virtual Police

“Target dari pelaksanaan 0perasi itu sendiri adalah titik lokasi kemacetan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H, sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing, dengan sasaran yaitu, Ranmor R2 dan R4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, penggunaan sirine rotator atau strobo yang bukan peruntukannya, serta TNKB yang tidak sesuai dengan spektek, penggunaan helm SNI, kendaraan over dimensi dan over load (ODOL), ⁠lokasi dan blackspot di wilayah masing-masing, masyarakat terorganisir dan tidak terorganisir, kelompok ormas dan kelompok pengemudi angkutan umum maupun online,” jelasnya.

Baca juga:  SMPN 1 Muara Enim Hari Ini Mulai PTM Terbatas

Pada Ops Keselamatan Musi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan yang akan dikedepankan kegiatan melaksanakan deteksi dini, lidik, pamgal, serta pemetaan lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan.

“Binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui giat sosialisasi dan binluh melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik, medsos, melaksanakan patroli, penjagaan pada lokasi rawan macet laka, pelanggaran lalu lintas dan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Statis dan Mobile serta blangko teguran,” terangnya.

Baca juga:  Kabareskrim Minta Masyarakat yang Ditegur Polisi Virtual Segera Hapus Postingan di Media Sosial

Sebelum mengakhiri amanat, Kapolres Muara Enim berpesan agar para personel dapat melaksanakan tugas Operasi dengan penuh rasa tanggung jawab dan didasari dengan niat beribadah dalam setiap kegiatan.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa meridhoi setiap pelaksanaan tugas kita, kedepankan sikap senyum, sapa, salam dalam pelaksanaan penindakan gar lalin baik yang bersifat teguran maupun penilangan, jaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan perbuatan negatif terhadap Polri dan selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2024 serta persiapan dari sekarang Operasi Ketupat 2024,” pesannya. (Aal/Humas Polres ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *