Pengendalian Inflasi Daerah, Pemkab Muara Enim Gelar Operasi Pasar & Gerakan Pangan Murah

Berita, Daerah29 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim terus gencar mengupayakan pengendalian inflasi daerah dengan menggelar Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah.

Setelah di akhir pekan kemarin Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menggelar Operasi Pasar Murah di Kecamatan Benakat, kali ini Sekretaris Daerah (Sekda) Yulius melaksanakan hal serupa di Desa Simpang Tanjung, Kecamatan Belimbing.

Selain itu, Plt Asisten Perekonomian & Pembangunan Ahmad Yani Hermanto menggelar Gerakan Pangan Murah di Desa Sumaja Makmur, Kecamatan Gunung Megang.

Baca juga:  PT. Banjarsari Pribumi Adakan Vaksinasi Untuk Seluruh Karyawan

Dalam sambutannya, Sekda Yulius selaku Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muara Enim yang hadir bersama Kasdim 0404/Muara Enim Mayor Chb Jauhari dan Wakapolres Muara Enim Kompol Roy Afrian Tambunan, menyampaikan kegiatan Operasi Pasar Murah maupun Gerakan Pangan Murah ini merupakan bagian dari serangkaian strategi pengendalian inflasi daerah yang gencar dilaksanakan oleh Pemkab Muara Enim guna menjaga stabilitas harga di pasaran.

“Sesuai arahan Pj Bupati, maka kegiatan ini harus dilaksanakan secara simultan dan terintegrasi oleh para perangkat daerah yang tergabung dalam TPID Kabupaten Muara Enim, khususnya Dinas Perindustrian, Perdagangan & ESDM maupun Dinas Ketahanan Pangan sehingga terarah dan tepat sasaran,” jelas Yulius.

Baca juga:  Rangkaian HUT ke-39 Resmi Dibuka, Arviyan Inginkan PTBA Bermanfaat Bagi Masyarakat

Adapun produk yang disalurkan di Operasi Pasar Murah Belimbing, yaitu 2 ton beras premium, 5 ton beras SPHP, 900 liter minyak sayur, 600 kilogram gula pasir, 600 kilogram tepung terigu, 300 kilogram tepung tapioka, 300 kaleng susu kental manis, 300 botol sirup dan 300 bungkus mentega.

Sedangkan pada Gerakan Pangan Murah Gunung Megang, yaitu 2,5 ton beras SPHP, 500 liter minyak sayur dan 500 kilogram tepung terigu yang semuanya telah disubsidi APBD Kabupaten Muara Enim sehingga rata-rata lebih murah Rp5 ribu hingga Rp6 ribu.

Baca juga:  Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Asisten Perekobang Siap Dukung Pengembangan Pupuk Bokasi Desa Tanjung Raja

Sementara itu, di tempat terpisah, Pj Bupati menjelaskan kegiatan ini sepenuhnya untuk membantu masyarakat, khususnya mengurangi pengeluaran masyarakat kurang mampu.

“Oleh sebab itu, pemerintah daerah harus hadir membantu masyarakat melalui berbagai upaya dalam pengendalian laju inflasi,” jelasnya. (Aal/Prokopim-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *