oleh

Apresiasi Penerima Penghargaan Adiwiyata, Pj Bupati Rizali: Teruslah Untuk Berprestasi

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali menyampaikan apresiasi kepada penerima penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten, Nasional hingga Mandiri Tahun 2023.

Hal itu disampaikannya saat audiensi dengan para penerima penghargaan Adiwiyata, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Selasa (5/12/2023).

“Ini menunjukkan bahwa tata kelola sekolah-sekolah ini baik soal lingkungan hidup, kebersihan dan lain sebagainya sudah menunjukkan hasil yang baik,” ujar Pj Bupati Rizali.

Pj Bupati berharap agar prestasi yang didapatkan oleh sekolah-sekolah ini dapat terus dipertahankan.

“Artinya, Adiwiyata itu harus hadir setiap, jangan sampai menunggu mau lomba kita hidupkan, selesai dapat tidak dihidupkan lagi, jadi ini terus kita jadikan bagian kehidupan dari sekolah kita semua,” harapnya.

Menurutnya, prestasi yang ditorehkan ini merupakan cambuk atau motivasi bagi sekolah-sekolah lainnya, untuk bisa mendapatkan ini di masa-masa yang akan datang.

Baca juga:  Resmikan Unit Usaha Terpadu dan Sarana Asimilasi Edukasi, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Apresiasi Langkah Kalapas Muara Enim

“Semua terus berkompetisi menuju kebaikan program Adiwiyata ini. Teruslah untuk berprestasi, karena sekolah ini buktinya adalah prestasi itu,” pesannya.

Pj Bupati mengharapkan kepada sekolah-sekolah lain yang belum berhasil menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri, agar bisa mencontoh atau mempelajari cara mendapatkannya dari yang sudah menerima.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini maka pendidikan kita akan semakin meningkat dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu,Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muara Enim Alfarizal menjelaskan bahwa, Penghargaan Adiwiyata ini sebelumnya telah diserahkan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada 134 sekolah penerima Adiwiyata Mandiri dan 417 sekolah penerima Adiwiyata Nasional, pada 17 Oktober 2023 lalu di Jakarta.

Baca juga:  Kemendagri Apresiasi Pemkab Muara Enim, Pelopor Penerapan SIPD Online Terintegrasi di Indonesia

“Untuk di Kabupaten Muara Enim yang menerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari SD Negeri 4 Ujan Mas dan  Penghargaan Adiwiyata Nasional ada 7 sekolah,” jelas Alfarizal.

Di tempat yang sama, Kepala SDN 4 Ujan Mas Hermawati, S.Pd. menyampaikan bahwa, SD Negeri 4 Ujan Mas mendapat Adiwiyata Mandiri dengan melakukan inovasi, berupa pembuatan secara sederhana mesin pencacah daun untuk membuat kompos dan makanan ternak.

“SD Negeri 4 Ujan Mas juga telah mempunyai 3 sekolah binaan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri,” ujar Hermawati.

Hermawati berharap ke depannya SD Negeri 4 Ujan Mas bisa terus dibimbing untuk maju ke tingkat selanjutnya menjadi ASEAN Eco-School.

“Kalau bisa menjadikan SD Negeri 4 Ujan Mas ASEAN Eco-School. Sebab di Provinsi Sumatera Selatan belum ada yang menjadi ASEAN Eco-School,” tutupnya.

Baca juga:  PTBA Gandeng Inhutani V untuk Reklamasi hingga Pengelolaan Hutan

Sebagai informasi, SD Negeri 4 Ujan Mas yang berlokasi di Desa Ujan Mas Baru, Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim tersebut terus berupaya untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dengan menerapkan pendidikan lingkungan hidup kepada dewan guru, siswa dan paguyuban orang tua.

Berbagai upaya yang dilakukan SD Negeri 4 Ujan Mas ini tidak hanya berupa teori semata, namun juga diwujudkan dengan penerapan praktik langsung, di antaranya mengajarkan siswa untuk melakukan penghijauan di sekolah dan membuat inovasi-inovasi yang berkaitan dengan lingkungan.

Perjuangan SD Negeri 4 Ujan Mas dalam meningkatkan pendidikan lingkungan hidup itu alhasil berbuah manis, dengan dianugerahi penghargaan Adiwiyata Nasional pada 2021 dan Adiwiyata Mandiri di tahun 2023. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *