oleh

Kominfo Banyuasin Akselerasi Penerapan SPBE

PALEMBANG, ENIMTV – Akselarasi Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuasin Tahun 2023 dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA., IPU., ASEAN.Eng di Hotel Emilia Palembang, Selasa (5/12).

SPBE sendiri bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, tranparan dan akuntabel, mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, meningkatkan keterpaduan dan efisiensi penyelenggaraan SPBE dan menjaga kepercayaan.

Pj. Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH melalui Sekda Banyuasin, Erwin Ibrahim menyatakan bahwa untuk mewujudkan SPBE perlu faktor pendorong yakni people, teknologi, proses dan data. SPBE ini sendiri memberikan dampak sangat positif yakni mengentaskan kemiskinan, pemberantasan korupsi, peningkatan investasi dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Baca juga:  PT BP Gelar Apel Semarak Bulan K3 Nasional Tahun 2022

Dengan adanya kegiatan arsitektur dan peta rencana SPBE dapat terbentuk dan diimplementasikan sehingga sesuai dengan arah kebijakan nasional penyelenggaraan pemerintah yang dimanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi.

“Untuk Kabupaten Banyuasin nilai SPBE kita hanya mencapai 1,8%, angka ini dinilai hanya cukup. Bukan karena SPBE kita tidak berjalan baik, tapi karena laporan penggunaan SPBE yang tidak berjalan. Untuk itu, kegiatan ini upaya kita memaksimalkan laporan SPBE di Kabupaten Banyuasin,” ujar Sekda.

Baca juga:  Penasehat SMSI Banyuasin Terpilih Menjadi Ketua IKM

“SPBE sangat memudahkan kita mendapatkan pelayanan dengan cepat dan praktis seperti pelayanan publik seperti pelayanan surat menyurat, pelayanan pajak dan pelayanan internal ASN seperti kenaikan pangkat, berkala dan pelayanan lain yang menggunakan SPBE,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Banyuasin, Dr. H. Salni Pajar, S.Ag., M.Hi melalui Pejabat Fungsional Bidang Persandian, M.Djuarsyah, SST., M.Si menyampaikan bahwa akan melakukan tindak lanjut untuk teknik penyusunan arsitektur SPBE akan dijadwalkan kembali.

Baca juga:  RMK Energy Terbukti Tabrak Perda, Pemprov Sumsel Minta Pihak Terlibat Bertanggung Jawab

Mengingat penting SPBE dalam menunjang kerja pemerintah yang lebih akuntabel baik dalam proses perkerjaan maupun penyampaian pelayanan kepada masyarakat menjadi konsern Dinas Kominfo.SP meningkatkan elemen penunjang berjalannya SPBE di Kabupaten Banyuasin. (SMSI Banyuasin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *