Motivasi Pemula untuk Berwirausaha, Dinsos Muara Enim Berikan Pelatihan Bagi Karang Taruna dan Organisasi Sosial

Berita, Daerah39 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Bimbingan Usaha bagi Karang Taruna, Organisasi Sosial dan Pekerja Sosial Masyarakat Kabupaten Muara Enim tahun 2023.

Pelatihan tersebut digelar di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (29/11/2023).

Adapun pelatihan diikuti 30 peserta, 6 orang dari Karang Taruna dan 24 orang dari Organisasi Sosial.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Irawan Supmidi, S.Pd., S.Mn., M.M.

Dalam sambutannya, Irawan menyampaikan bahwa, kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinsos Muara Enim ini memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, inovasi, dan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga:  Buku "Pancasalah" Karya Laksamana Sukardi, Lima Kesalahan Belenggu Kemampuan Meningkatkan Produktivitas Manusia

“Karena bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada peserta agar dapat mengembangkan usaha yang inovatif dan berkelanjutan di tengah perkembangan teknologi yang pesat,” ujarnya.

Irawan mengharapkan melalui pelatihan dan transfer ilmu yang dilakukan ini dapat memberikan motivasi dan menjadi penggerak bagi pemula untuk berwirausaha serta membangkitkan semangat peserta untuk mengembangkan usahanya.

“Oleh karena itu, penting bagi peserta untuk memahami konsep dan strategi kewirausahaan yang relevan dengan zaman sekarang,” tuturnya.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan, 85 Tagana Muara Enim Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Selain itu, Irawan juga berharap melalui pelatihan ini dapat tumbuh wirausaha handal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat, serta akan membawa efek berantai terhadap perekonomian daerah, dengan harapan mampu menjadi pemicu percepatan target
pengentasan kemiskinan.

“Kepada para peserta pelatihan, ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat bermanfaat dalam menjalankan tugas sebagai Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS),” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Muara Enim Drs. Bhakti Najamuddin, M.Si. melalui Plt Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Roesmala Dewi, S.ST. menyampaikan bahwa, maksud dari pelatihan ini untuk memacu semangat kerja Karang Taruna dan Organisasi Sosial, agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara baik, terencana, terarah dan berkesinambungan, serta penuh tanggung jawab dalam usaha kesejahteraan sosial.

Baca juga:  Dinsos Muara Enim Gelar Pelatihan Budidaya Lele Bagi Anak Terlantar

“Tujuannya juga untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis peserta,” ujar Roesmala.

Roesmala menjelaskan, Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini berasal dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim.

“Metode kegiatan menggunakan ceramah/penguatan materi sebanyak 100 persen,” tutupnya. (Aal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *