oleh

Dinsos Muara Enim Gelar Pelatihan Budidaya Lele Bagi Anak Terlantar

MUARA ENIM, ENIMTV РPemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar pelatihan keterampilan budidaya ikan lele dengan metode Green Water System (GWS), bagi anak terlantar, anak jalanan, dan anak penyandang disabilitas tahun 2022.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Amrullah Jamaludin, S.E., di Hotel Griya Serasan Sekundang, Kamis (13/10/2022).

Baca juga:  Saksikan Pemberian DIPA 2021 dari Presiden RI Secara Virtual, Juarsah: Kami Siap Ikuti Lelang Sedini Mungkin

Dalam laporannya, Kepala Dinas Sosial Muara Enim, Drs. Bhakty Najamudin, M.Si. menjelaskan bahwa, tujuan diadakannya pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada generasi muda.

“Gunanya untuk memulihkan dan mengembangkan fungsi sosialnya supaya dapat hidup lebih mandiri,” jelas Bhakty.

Lebih lanjut, Bhakty menyampaikan bahwa, peserta pelatihan diprioritaskan diambild dari 5 kecamatan dengan angka kemiskinan tertinggi dalam Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Pemkab-DPRD Muara Enim Tetapkan 12 Propemperda 2022

“Akan tetapi yang bersedia hadir hanya dari 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Sungai Rotan 8 orang, Kecamatan Gelumbang 1 orang, dan Kecamatan Lawang Kidul 1 orang,” ujarnya.

Narasumber dalam kegiatan pelatihan ini bekerja sama dengan PT Fharjun Farm Group, Abdil Musaddad, S.E.

Para peserta mengikuti pelatihan selama 2 hari, dengan metode kegiatan terdiri dari 30% penguatan materi dan 70% praktik keterampilan.

Baca juga:  Polri Ungkap Sepak Terjang Organisasi Teroris JI Pimpinan Para Wijayanto

Peserta pelatihan juga diberikan stimulan 1 paket perlengkapan budidaya ikan lele sebagai modal awal, yang terdiri dari kolam terpal 1 unit, benih lele 500 ekor, pakan lanjutan ikan 30 kg, dan pakan starter ikan 20 kg. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *