oleh

Jelang Nataru, Pj Bupati Muara Enim Pastikan Stabilitas Harga dan Stok Bahan Pokok Tersedia

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Ahmad Rizali melakukan Monitoring Stabilitas Harga Bahan Pangan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, di Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Sabtu pagi (11/11/2023).

Dalam tinjauannya tersebut, Pj Bupati didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Muara Enim Syarifudin dan Camat Lawang Kidul Andrille Martin.

“Dari hasil monitoring ini terpantau bahwa ketersediaan stok bahan pokok masih dalam kategori cukup dan harga jual relatif normal,” ujar Rizali.

Baca juga:  Dukung Penanggulangan Covid-19, PTBA Beri Bantuan Hibah Faskes Untuk 3 Puskesmas di Kab. Muara Enim

Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan melonjaknya permintaan terhadap salah satu komoditi, Pj. Bupati menginstruksikan segera kepada perangkat daerah terkait untuk menggelar operasi pasar murah.

“Selain itu, membangun kerja sama dengan daerah penghasil pertanian, agar dapat menambah pasokan bahan sehingga mampu menekan terjadinya inflasi,” katanya.

Lebih lanjut, Pj Bupati mengakui terdapat beberapa sedikit kenaikan dari bahan pangan seperti cabai dan beras, namun kenaikan tersebut dalam batas kewajaran dan masih menjangkau masyarakat.

Baca juga:  Kemeriahan Acara Puncak Peringatan HUT ke-2 GOW Muara Enim Tahun 2021

Pj Bupati mengimbau para pedagang untuk tetap berjualan dengan wajar dan tidak memanfaatkan situasi dengan melakukan penimbunan barang ataupun menaikkan harga serta selalu menjual produk yang berkualitas.

Untuk itu, dirinya menginstruksikan Dinas Perdagangan agar selalu rutin mengawasi maupun memastikan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga dapat terkendali.

Di sela tinjauannya itu, Pj Bupati memanfaatkan momen tersebut untuk menyapa langsung warga dan berdialog dengan para pedagang serta mengajak untuk senantiasa selalu merawat dan menjaga kebersihan pasar. (Aal/Prokopim-ME)

Baca juga:  Geledah Kantor Dinas Pertanian, Kejari OKU Sita Sejumlah Dokumen

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *