Cegah Permasalahan Rumah Tangga, 20 Pasutri Baru di Muara Enim Ikuti Program SeTiA

Berita, Daerah32 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Guna mencegah adanya tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Sebanyak 20 (dua puluh) Pasangan Suami Istri (Pasutri) baru di Kabupaten Muara Enim mengikuti kegiatan Sekolah Pengantin Anyar (SeTiA) tahun 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Muara Enim, di Ballroom Hotel Grand Zuri Muara Enim. Rabu (01/11/2023).

Kepala Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim Vivi Mariani selaku Ketua Pelaksana Kegiatan, menjelaskan program SeTia ini merupakan salah satu inovasi yang diinisasi oleh Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim, beranjak dari keresahan Pemerintah terkait berbagai permasalahan yang menjadi masalah utama di Kabupaten Muara Enim di antaranya, Stunting, Angka Perceraian, kasus KDRT serta permasalahan sosial lainnya yang menyangkut rumah tangga.

Baca juga:  Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai, Presiden Harap Bisa Tingkatkan Konektivitas Pelabuhan dan Industri

“Jadi kami kemarin berfikir untuk bagaimana menciptakan suatu inovasi yang menyentuh sasaran secara langsung dan merupakan usaha pencegahan sedini mungkin, untuk itu melalui program SeTiA inilah kami mengupayakan untuk tak hanya menekan kasus KDRT namun juga stunting, angka perceraian dan masalah sosial lainnya di Kabupaten Muara Enim,” jelas Vivi.

Sementara itu, Bupati Muara Enim yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Irawan Supmidi menyambut baik hadirnya program SeTiA yang diinisiasi oleh Dinas PPPA Kabupaten Muara Enim tersebut.

Baca juga:  Plt. Bupati Muara Enim Minta OPD Terapkan Road Map RB Jilid 2

Menurut Irawan, kegiatan ini merupakan upaya yang sangat penting untuk mewujudkan keluarga yang Sakinah Mawaddah Warahmah.

“Luar biasa, kegiatan ini adalah kegiatan yang memiliki multi efek dan multi dimensi pasalnya, efek dari pada SeTiA ini sangat luar biasa hingga menyentuh ke masa depan negara ini. Melalui pasutri baru inilah dengan kita berikan keterampilan terkait parenting akan lahir generasi penerus bangsa yang menentukan bagaimana negeri ini kedepan khususnya Bumi Serasan Sekundang,” tutur Irawan dengan penuh bangga.

Baca juga:  Alhamdulillah, Usulan 7.920 Formasi Kebutuhan ASN Pemkab Muara Enim Disetujui KemenPANRB

Untuk itu, mengingat akan manfaat yang begitu besar bagi para Pasutri baru, Irawan berpesan kepada 20 Pasutri tersebut untuk memanfaatkan kegiatan yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari tersebut dengan baik.

“Guna menimba ilmu untuk bagaimana menjadi seorang suami, istri dan orang tua yang baik untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Kadis Dukcapil, Ketua GOW Kabupaten Muara Enim, Perwakilan Polres Muara Enim, Tamu undangan serta para Narasumber yaitu Ledian Apriyanti, Hj Enny Hidajati, H Solihin dan dr. Selly Rizani. (Aal/Diskominfo-ME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *