Presiden Jokowi Usulkan KSAD Agus Subiyanto Jadi Pengganti Panglima TNI Yudo Margono

Berita, Nasional41 views

JAKARTA, ENIMTV – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto untuk menjadi pengganti Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya sudah menerima Surpres (Surat Presiden) terkait hal tersebut dan akan menjalankan mekanisme sesuai yang ada di DPR.

“Pada kesempatan ini, saya akan umumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto,” kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, seperti dilansir dari Kompas.com, Selasa (31/10/2023)

Baca juga:  Menperin Optimistis Industri Tumbuh 5,5 Persen Tahun 2022

Puan mengungkapkan, DPR RI bakal memproses surpres tersebut maksimal 20 hari sejak surpres diterima.

Pergantian pimpinan TNI, sambung  Puan, mesti dilakukan karena Yudo bakal memasuki masa pensiun pada bulan depan.

“Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya, yaitu pada 26 November sesuai dengan hari kelahiran dia,” imbuhnya.

Baca juga:  Panglima TNI: Pembentukan Tiga Satuan Baru Wujudkan Organisasi TNI Yang Adaptif

Sebagai informasi, Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik Presiden Jokowi sebagai KSAD menggantikan Jenderal Dudung Abdurrahman pada 25 Oktober 2023.

Karier Agus pun cukup moncer, terutama setelah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada 2009-2011 atau bertepatan saat Presiden Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Agus pernah menjabat sejumlah posisi danrem, seperti Danrem 061/Surya Kencana dan Danrem 132/Tadaluko.

Baca juga:  Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Massal di JIEXPO dan Pesantren Al-Hamidi Jakarta

Selain itu, Agus juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres), Pangdam Siliwangi, dan Wakil Kepala KSAD sebelum dilantik menjadi KSAD. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *