Perayaan Iduladha 1444 H, Lapas Muara Enim Sembelih 7 Hewan Kurban

Berita, Daerah12 views

MUARA ENIM, ENIMTV – Dalam semangat Iduladha 1444 H yang penuh berkah, para narapidana dan petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muara Enim seusai melaksanakan ibadah shalat ied melanjutkan dengan bergotong royong dalam penyembelihan hewan kurban, Kamis (29/06/2023).

Adapun jumlah hewan kurban yang disiapkan terdiri dari 3 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Tradisi penyembelihan hewan kurban di Lapas Muara Enim tidak hanya sekadar ritual semata, tetapi juga bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai kepedulian, berbagi, serta saling menghormati antara narapidana dan petugas Lapas.

Baca juga:  Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Polres Muara Enim Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2020

Seluruh proses penyembelihan dilakukan dengan seksama dan berdasarkan aturan syariat Islam, melibatkan narapidana yang telah terlatih dalam proses tersebut.

Dalam kesempatan itu, Kalapas Muara Enim Herdianto mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini memiliki nilai yang sangat luar biasa.

“Selain untuk ibadah, juga guna mempererat hubungan silaturahmi antar sesama, kegiatan ini juga mengajarkan tentang pentingnya berbagi, kepedulian dan arti sebuah pengorbanan,” kata Herdianto.

Baca juga:  Update 21 Juni 2020: Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Indonesia Bertambah 862

“Penyembelihan hewan kurban di Lapas Muara Enim juga merupakan salah satu bentuk pembinaan spiritual yang kami berikan kepada narapidana. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mereka merenungkan dan memperbaiki diri serta menjadikan Iduladha sebagai momen untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ujarnya.

Herdianto menuturkan, daging kurban ini tidak hanya dibagikan kepada para narapidana maupun petugas, tetapi juga menyumbangkan sebagian daging kepada masyarakat di sekitar lingkungan Lapas.

Baca juga:  Muara Enim Tuan Rumah FGD Forum LAPOR! se-Sumsel 2022

“Dalam upaya untuk berbagi dan memberikan manfaat kepada sesama, kegiatan ini merupakan bukti nyata bahwa narapidana juga memiliki potensi untuk berkontribusi positif kepada masyarakat,” tandas Herdianto. (Aal/Humas Lanim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *