oleh

Gernas Aksi Bergizi, Pemkab Muara Enim Ajak Muda-Mudi Perangi Stunting

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim sangat perhatian dalam memerangi Stunting di Kabupaten Muara Enim. Seperti halnya pada Rabu pagi (26/10/2022), Dinas Kesehatan bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim menggelar Gerakan Nasional (Gernas) Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim, di SMA Negeri 1 Muara Enim.

Gernas Aksi Bergizi ini dilaksanakan serentak di 79 Sekolah Tingkat SLTA sederajat di Kabupaten Muara Enim, dengan tiga intervensi utama, yaitu Senam Pagi, Sarapan dan Minum Tablet Tambah Darah (TTD).

Edukasi gizi yang bersifat multi-sektor juga dilaksanakan dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat yang diintegrasikan dengan TRIAS UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

Baca juga:  Transformasi Digital PTBA, Pantau Operasional Pertambangan Real Time Lewat Gadget

Bupati Muara Enim yang diwakili olej Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Irawan Supmidi menjelaskan bahwa, Gernas ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang gizi seimbang pada remaja, meningkatkan kepatuhan remaja putri mengonsumsi tablet tambah darah, meningkatkan minat remaja untuk melakukan aktivitas fisik 60 menit setiap hari dan mengonsumsi buah dan sayur serta, meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik sehingga dapat belajar tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal.

Baca juga:  Dinsos Muara Enim Beri Pelatihan Keterampilan Bagi Eks Penyandang Penyakit Sosial

“Pola hidup sehat yang disuarakan dalam Gernas ini bertujuan untuk menekan kasus stunting di Kabupaten Muara Enim, yang mana untuk di Provinsi Sumsel sendiri Kabupaten Muara Enim meraih predikat terbaik dalam menangani kasus stunting di Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan,” jelasnya.

“Melalui Germas Aksi Bergizi ini, Kami selaku Pemerintah Kabupaten Muara Enim mengajak muda-mudi untuk ikut memerangi stunting, karena memang ini adalah tugas kita bersama,” tegas Irawan.

Sementara itu, Kepala SMA  Negeri 1 Muara Enim Ritta Riana mengucapkan terima kasih kepada Pemkab. Muara Enim, atas terpilihnya SMA Negeri 1 Muara Enim selaku tuan rumah penyelenggaraan Gernas Aksi Bergizi Tingkat Kabupaten Muara Enim.

Baca juga:  Terima Petani Pengunjuk Rasa di Istana, Presiden Jokowi Akan Tindaklanjuti Aspirasi Petani

Dirinya juga berkomitmen untuk menggalakkan pola hidup sehat ini dan menjadikannya agenda mingguan setiap hari Jumat di SMA Negeri 1 Muara Enim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim ataupun yang mewakili, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Muara Enim ataupun yang mewakili, serta para Guru SMA Negeri 1 Muara Enim. (Aal/Diskominfo-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *