Imigrasi Muara Enim Gelar Rakor Tim PORA di Lubuklinggau

Berita, Sumsel67 views

LUBUKLINGGAU, ENIMTV – Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang diikuti oleh 3 kabupaten dan kota, dilaksanakan di Hotel Dafam, Lubuklinggau, Jumat (10/6/2022).

Rakor tersebut dihadiri oleh peserta undangan yang terdiri dari 17 instansi di Kabupaten Musi Rawas, 14 instansi di Kota Lubuklinggau, dan 12 instansi di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Rapat Tim PORA ini dibuka langsung oleh Staf Ahli Wali Kota Lubuklinggau Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Asron Erwadi dan turut hadir Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus.

Baca juga:  Rio Perjuangkan Cabor Balap Sepeda Lubuklinggau Masuk Cabor Unggulan DBON Sumsel

Dalam kegiatan tersebut dibahas isu-isu terbaru di 3 kabupaten dan kota berkaitan mengenai keberadaan orang asing.

Dalam sambutannya, Herdaus menjelaskan, jumlah orang asing di 3 kabupaten dan kota jumlahnya tergolong sedikit, sehingga kemungkinan munculnya kerawanan keimigrasian kecil.

“Hal ini meringankan kerja dari Tim PORA di Musi Rawas, Musi Rawas Utara, dan Lubuklinggau.” jelasnya.

Herdaus menambahkan, walaupun tingkat kerawanan rendah, hal ini harus dimanfaatkan untuk hal yang lainnya.

“Mari kita manfaatkan esensi pertemuan ini untuk mendorong kemajuan pertumbuhan ekonomi daerah, di mana sudah 2 tahun ini semua sektor ekonomi merasakan imbas Covid-19.” imbuhnya

Baca juga:  Iman Pimpin PWI Lubuklinggau, Wali Kota Harapkan Sinergi Harus Lebih Baik

“Mari kita gali dan munculkan potensi setiap daerah. Kita harus saling mendukung dengan membentuk simbiosis mutualisme yang membawa kemajuan untuk tiap daerah.” pungkas Herdaus.

Dalam sambutan dan sekaligus membuka kegiatan, Asroni menyampaikan. dirinya mewakili Pemerintah Kota Lubuklinggau sependapat dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Divisi Keimigrasian dan siap untuk bekerja sama dengan daerah di sekitar Kota Lubuklinggau untuk membangun dan berkembang bersama.

Baca juga:  Mendes PDTT Sebut Dana Desa Telah Dicairkan untuk 69.661 Desa

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha mengungkapkan, saat ini sudah ada UKK Keimigrasian di Kabupaten Musi Rawas sebagai perwakilan Kantor Imigrasi Muara Enim, sehingga untuk pelayanan keimigrasian kepada masyarakat sudah lebih dekat tidak perlu jauh-jauh ke Muara Enim.

“UKK di Kabupaten Musi Rawas ini dapat ditingkatkan menjadi kantor imigrasi. Hal tersebut akan memudahkan koordinasi dan pengawasan orang asing. Untuk mewujudkan terbentuknya kantor imigrasi ini, dibutuhkan dukungan dan komitmen dari Pemerintah Daerah.” tandasnya. (Endi/IME)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *