oleh

Catat! Ini Tarif dan Syarat Urus Paspor di Imigrasi Muara Enim

MUARA ENIM, ENIMTV – Biaya layanan keimigrasian bagi Warga Negara Indonesia (WNI) telah diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Di dalam aturan tersebut diatur mengenai biaya pembuatan paspor dan denda jika paspor hilang atau rusak.

Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha mengatakan, tarif PNBP Keimigrasian untuk WNI telah jelas diatur dalam Peraturan Pemerintah.

”Kami juga sudah membuat tabel rincian biaya jasa keimigrasian yang diletakkan di ruang pelayanan. Sehingga pelayanan kami transparan dan masyarakat langsung mengetahui informasi tersebut.” kata Made, seperti dikutip dari laman resmi Kantor Imigrasi Muara Enim, Kamis (9/6/2022).

Baca juga:  Pimpin Apel Kebangsaan, Plh. Bupati Muara Enim Perkuat Sinergitas Tekan Penyebaran Covid-19

Berikut ini rincian biaya Layanan Keimigrasian bagi WNI:

  • Biaya paspor biasa 48 halaman dikenakan biaya Rp 350 ribu;
  • Paspor elektronik atau e-passport 48 halaman sebesar Rp 650 ribu;
  • Layanan percepatan paspor (selesai pada hari yang sama) dikenakan biaya Rp 1 juta;
  • Biaya beban paspor hilang dikenakan Rp 1 juta untuk satu buku;
  • Biaya beban paspor rusak dikenakan Rp 500 ribu untuk satu buku.

Adapun beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan untuk mengajukan paspor antara lain:

  • Untuk paspor baru usia dewasa siapkan E-KTP, Kartu Keluarga, dan Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah;
  • Anak di bawah umur atau berusia kurang dari 17 tahun, dapat menyiapkan persyaratan E-KTP orang tua, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran Anak, Akta Pernikahan Orang Tua/Akta Perceraian, dan Paspor Lama (bagi yang telah memiliki).
Baca juga:  Borong Emas dan Perak, Aynu 'Karateka Cilik’ Asal Asmil Yonkav 5/DPC Juarai Karate Terbuka Bupati Cup VI Muara Enim 2022

Sementara untuk penggantian paspor terbitan tahun 2009 ke atas dapat menyertakan persyaratan E-KTP dan Paspor Lama. Penggantian paspor di luar terbitan tahun 2009 ke atas dapat menyertakan persyaratan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah, dan Paspor Lama.

Beberapa persyaratan tambahan dapat disiapkan seperti Surat Rekomendasi Dinas Tenaga Kerja (bagi calon Tenaga Kerja Indonesia), Surat Rekomendasi dari Kantor Kementerian Agama dan Biro Travel (bagi peserta Haji/Umrah), Surat Laporan Kehilangan dari Kepolisian (untuk mengurus kehilangan paspor), dan Surat Rekomendasi dari Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kemnaker (bagi peserta magang).

Baca juga:  Pj Bupati Muara Enim Hadiri Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-75 Sumsel

Sementara itu, Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Deni Harianto menerangkan, saat ini informasi mengenai tarif biaya layanan keimigrasian sudah dapat diakses lebih mudah oleh masyarakat.

“Jadi jika ada pemohon yang ditagih di luar biaya tersebut, mereka bisa langsung mengadukan ke kanal pengaduan kami.” terangnya.

Untuk informasi lebih lengkap terkait mengurus paspor di Kantor Imigrasi Muara Enim, bisa mengakses website resmi Kantor Imigrasi Muara Enim atau datang langsung ke alamat Jl. Jenderal Sudirman No. 152 RT. 09/RW. 02, Kel. Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim. (Aal/IME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *