Fantastis, Anggaran Internet Pemkab Musi Rawas Capai Rp 2,15 Miliar

Berita, Sumsel53 views

MUSI RAWAS, ENIMTV- Anggaran belanja internet Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022, nilainya fantastis mencapai Rp 2.150.000.000,00 atau 2,15 miliar rupiah, yang dialokasikan untuk kebutuhan internet selama 10 bulan saja.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Rawas, Salman membenarkan jika pada tahun 2022 alokasi anggaran Rp 2,15 miliar itu untuk belanja internet di lingkup Pemkab Musi Rawas, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan satu ruang publik di Kabupaten Musi Rawas.

Salman mengakui alokasi belanja internet tahun 2022 naik dibandingkan tahun 2021 lalu, yang hanya menelan anggaran Rp 619.000.000, atau naik hampir lebih kurang 3,5 kali lipat dari anggaran tahun 2021.

Baca juga:  PTBA Ajak Para Pelajar Budayakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Salman menjelaskan jika kenaikan anggaran tersebut dikarenakan adanya penambahan bandwidth, guna mencukupi kebutuhan internet di lingkungan Pemkab Musi Rawas.

“Untuk menambah volume akses internet dari 40 KBS ke 2 GB atau 2000 KB/detik,” jelas Salman saat ditanya awak media.

Salman juga membenarkan jika anggaran Rp 2 miliar lebih tersebut untuk kebutuhan anggaran belanja internet selama 10 bulan ke depan, terhitung dari bulan Maret sampai Desember 2022. Itu artinya dalam satu bulan biaya internet Pemkab Musi Rawas mencapai Rp 215.000.000/bulan.

Baca juga:  Berlaku Mulai 12 Juli, PPKM Darurat Diberlakukan di 15 Kab/Kota Luar Jawa-Bali

“Anggaran tersebut untuk satu tahun, mulai Maret sampai Desember 2022, berarti 10 bulan,” tambah Salman.

Pada tahun 2021 lalu, dengan anggaran Rp 619.000.000, anggaran tersebut diperuntukkan untuk Belanja Modal Alat Komunikasi Lainnya seperti Paket Pengadaan Perangkat dan Layanan Broadband Internet Berbasis Satelit, Layar Proyektor, Display Data dengan SmartTV, Android TV dan biaya jasa pemasangan.

Sedangkan anggaran Rp 2,15 miliar tahun 2022 ini hanya untuk Belanja Internet di Lingkup Pemkab Musi Rawas saja.

Baca juga:  Apel Gabungan Kesiapan Pengamanan Menjelang Pelantikan Presiden - Wakil Presiden RI

Saat ditanya lebih lanjut terkait hal teknis kerja sama antara Diskominfo dan pihak penyedia jasa, Kepala Dinas Komunikasi dan informatika kabupaten Musi Rawas ini mengarahkan awak media untuk menemui bawahannya yang membidangi hal tersebut.

“Temui saja Tri, dia yang membidanginya, coba tanya sama dia terkait teknisnya,” pungkas Salman.

Namun, beberapa kali saat awak media mencoba menemui pegawai Diskominfo yang dimaksudkan, pegawai tersebut sedang tidak ada di tempat. (SMSI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *