DPRD Lahat Gelar Sidang Paripurna Istimewa Dalam Rangka HUT ke-153 Kabupaten Lahat

Berita, Sumsel121 views

LAHAT, ENIMTV – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat menggelar sidang paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Lahat ke 153 tahun. Acara dilaksanakan di ruang rapat utama Gedung DPRD Lahat, Jumat (20/5/2022).

Sidang Paripurna yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, S.T. tersebut, dihadiri oleh wakil-wakil ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Lahat, Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara virtual, rombongan dari Provinsi Sumsel, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., Wakil Bupati Lahat H. Harianto, S.E., Sekda Lahat Chandra, S.H., M.H. dan sejumlah bupati/wali kota di Provinsi Sumsel ataupun yang mewakili. anggota DPRD Provinsi, Polres Lahat ataupun yang mewakili, Kejari Lahat ataupun yang mewakili, Pengadilan Negeri Lahat, Dandim 0405 ataupun yang mewakili, para asisten, staf ahli, sejumlah OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, para Camat, Kepala Desa, Lurah, Organisasi Masyarakat (Ormas), Ketua dan Pengurus Partai, serta insan pers dan para undangan lainnya.

Baca juga:  Buka Rakernis SSDM Polri, Kapolri Tekankan Pemanfaatan Teknologi Menuju Era 4.0

Dalam sambutannya, Bupati Lahat Cik Ujang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru, S.H., M.M. beserta rombongan dari Provinsi Sumsel telah menghadiri HUT ke-153 Kabupaten Lahat.

“Kami segenap dari Pemerintah Kabupaten Lahat dan beserta seluruh masyarakat kabupaten Lahat mengucapkan selamat dan sukses perayaan hari jadi Kabupaten Lahat ke 153 Tahun,” ucap Cik Ujang.

Cik Ujang menuturkan, momentum peringatan perayaan ke-24 HUT ke-153 Kabupaten Lahat ini memiliki makna khusus.

“Karena selama 2 tahun pandemi Covid-19, kita masih menghadapi Covid-19, dapat menanggulanginya di Kabupaten Lahat ini tidak ada pasien Covid-19, Kabupaten Lahat zona hijau,” tutur Cik Ujang.

Dikatakannya, pada perayaan HUT ke 153 Kabupaten Lahat ini, Pemkab Lahat bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat membuat kuliner ayam nanas dan akan dibagikan sekitar 1000 kaleng nanas kuliner berbasis lokal untuk menggerakkan perekonomian yang ada di Kabupaten Lahat ini, salah satunya adalah masakan ayam nanas yang mendapatkan Rekor MURI tahun 2019.

Baca juga:  Gelapkan Uang Nasabah & Sales Hingga Ratusan Juta, Staff Admin Dealer Motor Terancam 5 Tahun Penjara

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lahat, Sidang Dewan yang terhormat, di Kabupaten Lahat ini adalah potensi alam dengan lahan yang subur dari komoditi pertanian, surplus pangan karena kabupaten Lahat penghasil kopi, minyak bumi, batu bara mencapai 2,7 miliar ton,” kata Cik Ujang.

“Terdapat juga potensi wisata alam, kuliner dan hasil budaya dalam bentuk megalik situs dunia dan mendapatkan museum musi rekor Indonesia, budaya ini adalah anugerah Allah serta aset lokal dan Nasional, ekonomis dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lahat.” ungkapnya.

Disampaikan Cik Ujang, selama dirinya memimpin Kabupaten Lahat, syukur Alhamdullah dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembangunan daerah secara umum dapat dilaksanakan dengan baik, dan dipastikan dapat dicermati bersama di bidang perekonomian dan 11,63 persen angka kemiskinan menurun di Kabupaten Lahat.

Baca juga:  Sejarah Dimulai, Cik Ujang Segera Luncurkan Buku Berisi Karya Putra-Putri Daerah Kabupaten Lahat

“Dengan mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Lahat dan menganggarkan desa di ADD sebesar Rp500.000.000,00 dan sebanyak 360 desa di Kabupaten Lahat untuk dapat meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, ini janji politik pemerataan sampai ke pelosok desa dan desa perbatasan dalam rangka pemerataan pembangunan serta indikator ruas jalan yang ada Kabupaten Lahat dan terkondisi dengan baik,” terangnya.

Terpisah, Gubernur Sumsel Herman Deru yang menghadiri rapat paripurna secara virtual, mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Lahat ke 153 tahun.

“Kita semua hadir di sini dalam rangka merayakan Hari Jadi Kabupaten Lahat yang ke 153 Tahun, terutama sekali kami apresiasi atas kinerja Bupati Lahat Cik Ujang, S.H. dan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto dalam membangun Kabupaten Lahat,” ujarnya.

Gubernur Sumsel juga mengapresiasi Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, S.T. bersama Wakil ketua DPRD dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Lahat dalam melaksanakan pembangunan yang ada di Kabupaten Lahat ini. (Endi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *