oleh

Pj Bupati Muara Enim Resmikan Pembekalan 256 Da’i dan Pelepasan 22 Petugas Sarjana Bina Desa

MUARA ENIM, ENIMTV – Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) meresmikan kegiatan pembekalan bagi 256 Da’i Ustaz/Ustazah dan pelepasan 22 Petugas Sarjana Bina Desa (SBD) tahun 2022, di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu (13/4/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum., Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto, S.I.K., Kajari Muara Enim Irfan Wibowo. S.H., Dandim 0404 Muara Enim diwakili Kasdim Mayor Chb Jauhari, Kakan Kemenag Muara Enim Drs. Azhari Rahardi, Ketua Pengadilan Agama Muara Enim Suspawati, Ketua Baznas Muara Enim Drs. Fajri Erham, Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM Amrullah Jamaludin, Kabag Kesra Zulfikar, dan Kabag Umum Heri Dadi.

Dalam laporannya, Kabag Kesra Setda Pemkab Muara Enim, Zulfikar menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini sebagai Gerakan Kabupaten Muara Enim Tebar Da’i, Satu Desa Satu Da’i Tahun 2022.

“Adapun penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan selama 12 bulan di 22 kecamatan. Untuk Sarjana Bina Desa di 22 kecamatan dan untuk Da’i, satu Desa satu Da’i atau 256 Desa/Kelurahan,” jelasnya.

Baca juga:  Kukuhkan Pengurus FK BPD 2022-2025, Pj Bupati Muara Enim Minta BPD Tetap Kompak & Solid

Zulfikar menyampaikan bahwa Petugas Sarjana Bina Desa dan Da’i Ustaz/Ustazah ini akan menerima insentif setiap bulannya.

“Insentif untuk Petugas Sarjana Bina Desa diberikan setiap bulannya Rp2.500.000 dan untuk Da’i Ustaz/Ustazah Rp400.000 tiap bulannya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua LP2M UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum. mengatakan bahwa, kerja sama antara UIN Raden Fatah Palembang dengan Pemkab Muara Enim sudah berjalan kurang lebih 15 tahun, dalam rangka membentuk Sarjana Bina Desa (SBD).

“Alhamdulillah dalam kurun waktu itu, SBD ini sudah banyak sekali prestasi yang telah diciptakan di desa-desa, misalnya dalam bidang mencetak Qori/Qoriah, Hafiz/Hafizah, lalu pengurusan masjid dan sebagainya, bukan hanya di bidang agama tapi juga non-agama,” ujar Paisol.

Paisol berharap agar Sarjana Bina Desa ini di tahun-tahun mendatang bisa ditingkatkan, baik secara kuantitas maupun kualitas.

“Dan kami berharap kiranya SBD ini nantinya sejumlah Da’i/Da’iah, jadi satu desa satu SBD. Dan kami sangat optimis apabila jumlah SBD ini ditambah satu desa satu SBD, maka Insya Allah nanti dapat mewujudkan apa yang kita inginkan sesuai visi dan misi Kabupaten Muara Enim,” harapnya.

Baca juga:  Kebijakan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar merasa bersyukur bisa bertemu dengan 256 Da’i Ustaz/Ustazah dan 22 Petugas Sarjana Bina Desa Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semuanya, atas niat baik dan tulus kita semua untuk mengabdi kepada masyarakat dengan membina dan menyebarluaskan pendidikan agama Islam di Kabupaten Muara Enim yang kita cintai ini,” ucap HNU.

HNU berharap, dengan adanya komitmen-komitmen dari 256 Da’i Ustaz/Ustazah dan 22 Petugas Sarjana Bina Desa tersebut, dapat memberikan warna dan arah yang sejuk di masing-masing desa di mana dia ditempatkan.

“Dapat memberikan warna yang sejuk, membawa nilai-nilai Islam yang menuntun anak-anak kita, utamanya generasi muda yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan agar mereka diberikan bekal tentang nilai-nilai Islami ini,” ujarnya.

Baca juga:  Calon Karyawan MIND ID Xplorer Desa Tegal Rejo dan Keban Agung Selama 5 Hari

Pj Bupati menegaskan bahwa Pemkab Muara Enim membuka ruang diskusi dan komunikasi selebar-lebarnya, apabila dalam pelaksanaannya para Da’i Ustaz/Ustazah dan Petugas Sarjana Bina Desa ada menemukan hambatan.

“Di samping yang sudah ditempatkan tadi, diberikan honor untuk Sarjana Bina Desa Rp2,5 juta per bulan dan Ustaz/Ustazah Rp400 ribu per bulan. Insya Allah di tahun 2023 ataupun di tahun-tahun selanjutnya, saya berharap program ini tetap berjalan atau kesejahteraan yang diberikan semakin meningkat, sehingga komitmen itu bisa kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, mencapai tujuan yang hakiki dari program-program ini,” tegasnya.

Di akhir sambutannya, Pj Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada UIN Raden Fatah Palembang yang selama ini telah bekerja sama dengan baik.

“Kemudian juga terima kasih kepada PT Bukit Asam Tbk, yang telah juga memberikan sumbangsihnya, sehingga terlaksananya program ini Insya Allah dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (Aal)

Selengkapnya ———- Simak video

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *