oleh

Rio Perjuangkan Cabor Balap Sepeda Lubuklinggau Masuk Cabor Unggulan DBON Sumsel

LUBUKLINGGAU, ENIMTV – Cabang olahraga balap sepeda Lubuklinggau patut mendapatkan acungan jempol. Betapa tidak, tiga kali juara umum di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel,

Olahraga yang berada di bawah naungan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Lubuklinggau ini semakin melejit di bawah kepemimpinan Ketua Terpilih Febrio Fadillah (Rio).

Langkah ke depan Pria yang juga Penasehat SMSI Silampari ini akan memperjuangkan Balap Sepeda Lubuklinggau menjadi salah satu olahraga unggulan dan masuk dalam penetapan cabor Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 86 tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Insya Allah, cabor balap sepeda masuk dalam DBON,” ujar Rio sapaan Febrio Fadillah saat diwawancara wartawan, Kamis (17/2/2022)

Baca juga:  Polres Muara Enim Gelar Ops Patuh Musi 2022, Ini Jenis Pelanggaran yang Ditindak

Lanjut Rio mengatakan, Cabor Balap Sepeda ISSI Lubuklinggau meraih juara umum tiga kali berturut turut dalam Porprov Sumsel, merupakan dukungan penuh Wali Kota Lubuklinggau, DPRD Kota Lubuklinggau, Koni Lubuklinggau, terkhusus Ketua ISSI Sumsel sebagai pemrakarsa

Cikal Bakal ISSI Lubuklinggau dan pengurus ISSI Lubuklinggau terdahulu serta kerja keras para atlet dan pelatih, yang penuh kompak dan rutin berlatih.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, sehingga Balap Sepeda Lubuklinggau sehebat ini,” ucap Rio.

Lebih lanjut Rio mengatakan, Mengenai DBON, pihaknya berharap KONI Sumsel menjadi pemrakarsa pemetaan cabor yang masuk dalam DBON. Bila sudah masuk dalam pemetaan DBON tentunya akan diatur dalam peraturan walikota dan akan ada kejelasan untuk pembinaan berkelanjutan kedepan sampai dengan jenjang tertinggi .

Baca juga:  HPN 2022, Karang Taruna Ajak SMSI Tanggulangi Covid-19

Berdasarkan hasil rakor KONI se Sumsel lada bulan desember lalu, Ketua Koni sumsel akan  mempelajari bersama Pengurus mengenai 14 cabor unggulan yg akan dipetakan tiap2 daerah dalam DBON yakni badminton, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, senam artistik, dayung dan pencak silat.

“Kita berharap atlet balap sepeda bisa diberikan pembinaan hingga ke jenjang nasional dan internasional,” harap Rio.

Di tempat terpisah Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe saat dimintai komentarnya mengatakan, dirinya merasa bangga dan senang, karena cabor balap sepeda Lubuklinggau terpilih menjadi cabor andalan Koni Sumsel. Dirinya mendukung program Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI Tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sesuai implementasi Perpres nomor 86 tahun 2021. Apalagi satu di antara 14 cabor tersebut adalah balap sepeda.

Baca juga:  Di Forum ASEAN, Presiden Jokowi Suarakan Penghentian Kekerasan di Myanmar

“Saya merasa bangga atas pencapaian cabor balap sepeda menjadi juara umum tiga kali berturut dalam Porprov Sumsel, terlebih seluruh atlet ISSI asli dari Kota Lubuklinggau,” ungkap Wako.

Lanjut Wako mengatakan, sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Kota Lubuklinggau bakal menggalakkan olahraga sepeda rekreasi dan prestasi di kalangan masyarakat.

Awalnya dia menginginkan Kota Lubuklinggau menjadi Kota Sepeda. Bahkan keinginan itu sudah ada sejak periode pertama dirinya memimpin. Bahkan lokasi telah disiapkan dan dipusatkan di Bukit Sulap.

“Saya yakin ketua ISSI terpilih mampu untuk melakukan pembinaan para atlet sepeda,” ucap Wako. (SMSI Silampari)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *