oleh

Sambut Kunker Presiden Jokowi ke Muara Enim, Pj. Sekda Tinjau Lokasi Groundbreaking PSN Coal to DME

MUARA ENIM, ENIMTV – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) diagendakan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Muara Enim pada 24 Januari 2022 mendatang.

Kunjungan kerja Kepala Negara tersebut dalam rangka groundbreaking dimulainya pembangunan proyek hilirisasi batubara (Coal) yang diolah menjadi syngas untuk kemudian diproses menjadi Dimethyl Ether (DME) yang akan digunakan sebagai pengganti LPG.

Untuk menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Bumi Serasan Sekundang, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Muara Enim Emran Tabrani bersama unsur Forkopimda melakukan peninjauan lapangan di area Bukit Asam Coal Based Industrial Estate (BACBIE) Kecamatan Tanjung Agung, Kamis (20/01/2022).

Baca juga:  Hari Kesebelas Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182, 324 Human Body Remains Ditemukan

Proyek gasifikasi batubara tersebut sebelumnya telah dilakukan konsorsium oleh tiga perusahaan yaitu PT. Bukit Asam (Tbk) yang berperan sebagai pemasok batu bara serta penyedia infrastruktur dan lahan di kawasan Tanjung Enim, kemudian PT. Pertamina (Persero) yang menjadi offtaker atau pembeli Dme yang dihasilkan, serta perusahaan Air Products & Chemicals Inc (APCI) sebagai investor dan penyedia teknologi serta pembangunan pabrik.

Baca juga:  Presiden Jokowi Ikuti Pembukaan KTT Ke-36 ASEAN

“Semoga melalui pengembangan tersebut dapat memberikan dampak yang luas bagi kemandirian energi nasional, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Muara Enim, sehingga tercapainya cita-cita pembangunan Kab. Muara Enim yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera,” ujar Pj Sekda.

Dalam peninjauan lapangan tersebut, Pj. Sekda yang juga didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Riswandar, memastikan kondisi helipad yang nantinya digunakan Presiden RI beserta rombongan untuk melakukan pendaratan, dan lokasi pembangunan proyek hilirisasi batubara menjadi DME yang berdiri di lahan seluas 10 hektare.

Baca juga:  Kajati DKI Ajak Seluruh Elemen Bangsa Perangi Narkoba

Selanjutnya, dalam kunjungannya di Provinsi Sumatera Selatan, pada hari yang sama Presiden RI juga akan meresmikan pencanangan Kota Pagar Alam Sebagai Kota Energi Hijau. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *