oleh

Peringati HUT Baznas, Pj. Bupati Muara Enim Ingatkan ASN Sisihkan 2,5% Penghasilan Untuk Berzakat

MUARA ENIM, ENIMTV – Zakat merupakan ibadah wajib bagi umat Muslim. Untuk itu, dengan telah diterbitkannya Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Zakat Penghasilan dan Infaq ASN, maka Pj. Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) mengajak seluruh masyarakat, khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) beragama Islam yang telah memenuhi syarat nishab atau batas minimal harta terkena wajib zakat untuk taat dalam menzakatkan 2,5% dari penghasilannya.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati dalam sambutannya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Masjid Babbussalam, Komplek Islamic Center Kabupaten Muara Enim, Senin (17/01/2022).

Baca juga:  Pemilik Akun MN Minta Maaf, Ini Tanggapan PGRI Muara Enim

Pj. Bupati berharap, ASN sebagai abdi negara dan masyarakat, haruslah menjadi pembayar zakat (muzakki) yang taat, sehingga mampu membantu optimalisasi penerimaan zakat yang dikumpulkan Baznas Kabupate Muara Enim.

“Dengan demikian dapat memaksimalkan penyaluran zakat kepada warga yang membutuhkan sehingga mampu membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Muara Enim,” ujar HNU.

Baca juga:  Kapolres Muara Enim bersama TNI dan Pemda Tebar 10 Ribu Bibit Ikan Lele di Kampung Tangkal Covid-19

Dalam kegiatan ini, selain menyerahkan zakat secara simbolis, Pj. Bupati Muara Enim juga menyerahkan kunci hasil bedah rumah program Baznas Muara Enim kepada bapak Jasit, warga Desa Pandan Enim, Kecamatan Tanjung Agung, dan bantuan gerobak untuk usaha kecil kepada Pondok Pesantren Ibadurrohman, Kelurahan Air Lintang, Kecamatan Muara Enim.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim, Drs. H. Fajri Erham menyampaikan apresiasinya atas perhatian dan dukungan Pj. Bupati Muara Enim.

Baca juga:  Plh. Bupati Muara Enim Minta PLN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Listrik di Bumi Serasan Sekundang

Dirinya menjelaskan bahwa Baznas Kabupaten Muara Enim ini telah menyalurkan zakat dan infaqnya untuk berbagai kegiatan sosial, antara lain zakat kepada asnaf fisabilillah, fakir miskin, anak yatim piatu, bedah rumah, pembangunan jamban dan sanitasi bagi warga kurang mampu, akomodasi kesehatan, program beasiswa satu keluarga satu sarjana, beasiswa pendidikan sekolah, pembangunan masjid, mushala, sekolah maupun madrasah dan fasilitas umum lainnya.

“Selain itu juga disalurkan untuk pembinaan wirausaha, ibnu sabil dan pembinaan bagi para mualaf,” pungkasnya. (Aal/Prokopim-ME)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.