oleh

Pemkab Muara Enim Siapkan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

MUARA ENIM, ENIMTV – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun.

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun, yang digelar di Aula Ruang Rapat Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Rabu (5/1/2022).

Rakor tersebut dipimpin oleh Bupati Muara Enim diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Muara Enim Drs. Emran Tabrani, M.Si.

Hadir dalam rakor tersebut di antaranya Plt. Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim Selamat Oku Asmana, SKM., M.Kes., Kepala Kantor Kemenag Muara Enim Drs. Azhari Rahardi, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Muara Enim Ardian Arifanardi, AP., M.Si., dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim diwakili Kabid Pembinaan SD Zaibin, S.Pd., M.Pd.

Pj Sekda Muara Enim mengatakan bahwa rapat koordinasi ini digelar bersama OPD dan stakeholder terkait dalam rangka persiapan melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Baca juga:  Pj Bupati Serahkan Bantuan Terdampak Covid-19 kepada 693 Mahasiswa Muara Enim

“Kita sudah sepakati dan melakukan persiapan-persiapan awal dalam rangka untuk melaksanakan vaksinasi anak usia sekolah 6-11 tahun di Kabupaten Muara Enim, baik di sekolah maupun madrasah negeri dan swasta,” kata Emran saat diwawancara awak media seusai rapat.

Dari hasil rapat tersebut, jelas Emran, disepakati bahwa akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sebelum vaksinasi dilaksanakan.

“Agar jangan sampai nanti ada informasi yang tidak benar di tengah masyarakat terhadap pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 ini,” jelasnya.

Pihaknya sudah menyiapkan data sasaran vaksinasi, baik di sekolah-sekolah maupun madrasah negeri dan swasta.

“Data dari Disdikbud dan Kemenag. sehingga data itu akan menjadi sasaran yang akan kita berikan vaksin kepada siswa,” ujarnya.

Baca juga:  Tanjung Enim Segera Miliki Plaza Saringan

Emran menjelaskan untuk pelaksanaannya nanti menunggu arahan dari pusat maupun provinsi.

“Sementara juklak juknis sudah ada dan ini akan kita pedomani dalam rangka pelaksanaan vaksin untuk siswa tersebut,” jelasnya.

Dia berharap dengan rapat koordinasi hari ini, pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 dengan data lebih kurang 76.259 siswa yang ada di Kabupaten Muara Enim dapat terlaksana.

Emran juga mengatakan pihaknya sudah membentuk tim Monitoring untuk pelaksanaan vaksin di sekolah-sekolah.

Selain itu, untuk mengantisipasi adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, dalam tim Vaksinator harus ada minimal 1 orang dokter.

“Untuk memastikan bahwa tim ini bekerja profesional. sehingga kita mengantisipasi KIPI. Oleh karena itu kita harus betul-betul profesional, tim vaksinator ini adalah salah satunya harus ada seorang dokter dan ini meyakinkan orang tua siswa,” terangnya.

Kemudian, Emran juga sudah memerintahkan Disdikbud dan Kemenag, agar orang tua siswa dihadirkan di sekolah saat pelaksanaan vaksinasi.

Baca juga:  Mendes PDTT Sebut Dana Desa Telah Dicairkan untuk 69.661 Desa

“Untuk memastikan bahwa kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, benar dan sesuai prosedur, tidak ada unsur paksaan,” jelasnya.

Emran menekankan agar kondisi anak sebelum diberikan vaksin harus dicek terlebih dahulu.

“Jangan sampai nanti setelah pasca vaksinasi ini, anak timbul penyakit lain, atau bahkan ada hal yang sangat fatal yang sama-sama tidak kita inginkan,” sambungnya.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini nantinya akan dilaksanakan di sekolah-sekolah.

“Karena ini kita sudah pembelajaran tatap muka di sekolah, maka disepakati efisien dan efektifnya itu dilaksanakan di sekolah-sekolah, dengan jadwal yang disepakati pihak sekolah,” pungkas Emran.

Dinas Kesehatan Muara Enim juga memastikan stok vaksin sudah tersedia sebelum vaksinasi, agar pada pelaksanaannya nanti tidak ada hambatan. (Aal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *