oleh

Polres Lahat Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2021

LAHAT, ENIMTV – Pada Kamis, 23 Desember 2021, pukul 08.00 WIB bertempat di halaman Mapolres Lahat, telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Musi 2021 dengan mengambil tema “Tingkatkan Sinergitas Polri dengan Instansi terkait dalam rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2022”.

Hadir dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan tersebut di antaranya Unsur Forkopimda Kab. Lahat, seluruh PJU Polres Lahat, perwira, anggota dan unsur terkait lainnya yang tergabung dalam Ops Lilin Musi 2021.

Ops Lilin Musi 2021 akan berlangsung selama 10 hari terhitung dari 24 Desember 2021 sampai  2 Januari 2022, dengan sasaran pengamanan gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara.

Baca juga:  Update 13 Juli 2020: Kasus Konfirmasi Positif COVID-19 di Indonesia Meningkat 1.282

Ops Lilin Musi 2021 ini melibatkan instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Pramuka, Linmas, Senkom.

Bertindak selaku Inspektur Upacara dalam apel tersebut yaitu Wakil Bupati (Wabup) Lahat H. Haryanto.

Wabup Lahat membacakan sambutan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., pada pelaksanaan Nataru tahun ini perlu berhati-hati, khususnya dalam mengantisipasi penyebaran varian Covid-19 jenis B.1.1.529 (Omicron) yang mengakibatkan lonjakan kasus di beberapa negara.

Baca juga:  Jelang HUT Bhayangkara, Kapolri Lepas 60 Ribu Paket Sembako

“Pelaksanaan pengamanan Nataru ini tidak terlepas dari kebijakan pemerintah melalui Inmendagri Nomor 66 Tahun 2921 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat Natal dan Tahun Baru 2022, yang harus dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan untuk pengendalian penyebaran Covid-19,” ujar Haryanto.

Haryanto mengatakan, berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan berdasarkan daerah masing-masing, terdapat prediksi gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain kelompok intoleran, radikalisme, aksi kriminalitas seperti curat, curas dan curanmor serta penyalahgunaan narkoba, miras, dan aksi perusakan fasilitas umum.

Berkaitan dengan kegiatan Ops Lilin Musi 2021, Polres Lahat telah mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi dengan cara mendirikan beberapa Pos PAM Pengamanan dan Pelayanan di beberapa titik yang berada di wilayah hukum Polres Lahat, di antaranya di Pos pengamanan dan pantau di Desa Gedung Agung, Kec. Merapi Timur, Pos pengamanan di simpang Stasiun Lahat serta pos pengamanan tempat wisata di Desa Sindang Panjang, Kec. Tanjung Sakti Pumi.

Baca juga:  Plt Bupati Muara Enim Terima Audiensi Balitbangtan Sumsel, Perkenalkan Produk Eucalyptus

Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.I.K. berharap dengan adanya beberapa pos pengamanan yang ada di beberapa titik bisa membuat masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam merayakan natal dan tahun baru.

“Meskipun banyak kegiatan masyarakat yang akan dibatasi mengingat masih dalam pandemi Covid-19,” tutupnya. (Endi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *